• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tengkorak Kepala Purba Meledak, Buka Fakta Baru Pompeii

Rabu, 10 Oktober 2018 | 23:53 WIB
Tengkorak meledak akibat suhu panas ledakan Gunung Vesuvius. Foto : net

Klikbabel.com - Letusan Gunung Vesuvius di Pompeii adalah fenomena alam yang sangat fenomenal. Di luar dugaan, peneliti menemukan tengkorak kepala purba sampai meledak karena suhu panas yang ada.

Temuan ini membuka fakta baru Pompeii yang selama ini belum diketahui. Menurut studi yang dipimpin oleh Pierpaolo Petrone dari Federico II University Hospital di Naple, Italia menemukan dugaan baru.

Peneliti tersebut menemukan bahwa banyak korban letusan Pompeii yang terbunuh sebelum aliran piroklastik mencapai mereka.

Klik Juga : Perubahan Iklim Makin Parah dan Krisis Besar Dimulai Tahun 2040

Aliran piroklastik merupakan salah satu hasil letusan gunung berapi yang bergerak dengan cepat dan terdiri dari gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan.

Dalam penelitian sebelumnya yang pernah dilakukan oleh ilmuwan, aliran ini bisa bergerak dengan kecepatan hingga 700 kilometer per jam.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal PLoS One memiliki hasil yang mencengangkan.

Kebanyakan korban Pompeii ternyata disebabkan ''shock fulminan'' yang diinduksi secara termal sehingga menyebabkan kematian yang khas.

Itu bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa korban letusan Pompeii dikarenakan karena mati lemas, tertimpa batu besar, dan terhempas debu panas gunung berapi.

Awan yang melonjak dengan tiba-tiba dengan suhu super panas diketahui akan menguapkan daging dan cairan tubuh korban dalam sekejap.

tu dapat menghasilkan efek mengerikan di tengkorak sehingga menyebabkan tengkorak retak dan meledak

.

Tengkorak kepala purba yang meledak tersebut ditemukan di situs arkeologi di Herculaneum. Daerah tersebut diketahui terkubur bersama kota Pompeii akibat letusan Gunung Vesuvius.

Klik Juga : Ada Foto Ratna di Laptop Amien Rais

Penemuan tengkorak kepala purba yang meledak sangat penting karena akan menghasilkan teori baru penyebab kematian korban ledakan Gunung Vesuvius



Penulis  : -
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.com