• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kesadaran ASN Menurun, Pendapatan Zakat di Bateng Cuma 60 Persen

Rabu, 10 Oktober 2018 | 13:26 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)

Klikbabel.com,Koba - Ketua Bantuan Amil Zakat (Baznas) H. Hasyim Syahroni setuju dengan pengajuan Raperda Pengelolaan Zakat oleh DPRD Bangka Tengah (Bateng). Hasyim mennyetujui dijadikannya Perda karena adanya penurunan kesadaran pembayaran zakat.

"Ada penurunan drastis pendapatan zakat semenjak di Bateng tak lagi dipimpin Erzaldi. Dulu saat beliau masih memimpin kesadaran pembayaran zakat sangat tinggi hingga mencapai pendapatan 3,4 Milyar per tahun. Itu menjadikan Bangka Tengah penerima zakat tertinggi di seluruh kabupaten di Bangka Belitung," ujarnya, Rabu (10/10/2018). 

Ia menambahkan, dari seluruh ASN lingkungan Pemkab Bateng, cuma 60 persen yang membayar zakat. "Kami berharap ada kesadaran pembayaran zakat dari lingkungan ASN mapun masyarakat umum. Pemasukan zakat semakin kecil mana kebutuhan masyarakat semakin besar,  banyak proposal yang masuk Baznas tidak tercover karena dana terbatas. Tahun ini saja kita cuma dapat pemasukan sekitar 2,2 Milyar,"ungkapnya.

"Saya berharap pengelolaan zakat bisa segera dijadikan Perda sehingga ada peningkatan persentase pembayaran zakat, karena pada dasarnya hasil dari zakat tersebut juga kita gunakan untuk mendukung program pemerintah memangkas kemiskinan, seperti memberi santunan bulanan ke fakir miskin, pengobatan rakyat miskin, dakwah, kemanusiaan, bantuan bencana, dan lainnya," tutupnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com