• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Panen Bawang di Cambai, Bupati Berharap Masyarakat Lepas dari Ketergantungan Tambang

Selasa, 09 Oktober 2018 | 14:10 WIB
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menghadiri panen bawang di desa Cambai. (Foto : Ist)

Klikbabel.com,Cambai - Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh menghadiri panen bawang merah di RT Telang desa Cambai Selatan, Kabupayen Bangka Tengah, Selasa (9/10/2018).

Hadir juga Kadis Pertanian Provinsi Toni Batubara, Kadis Pertanian Bateng, Kadis Pangan, Penyuluh Bateng, Camat Namang, Plt Kades Cambai, Ketua Kelompok tani pattimura Serta para anggota tani dari kelompok lainnya. 

Bupati mengucapkan selamat kepada kelompok tani Pattimura yang diketuai Mek yang atas keberhasilan selama kurang lebih 2 bulan dalam menanam dan merawat bawang merah di lahan seluas 1 hektare. 

Ibnu Saleh menambahkan, kedepan Pemkab akan mengupayakan desa Cambai Selatan untuk dijadikan sentra tanaman holtikultura khususnya bawang merah. "Jadi saat nanti jangan hanya petani yang usianya sudah senior saja yang bergerak, kita harapkan petani muda juga giat dalam melaksanakan dan merealisasikan desa Cambai Selatan menjadi sentra penghasil tanaman holtikultura khususnya bawang merah," terangnya.

"Mari bersama-sama kita siapkan diri kita untuk mengkonversikan penghasilan ekonomi masyarakat Bangka Tengah dari masyarakat tambang ke masyarakat tani dan nelayan," tutur bupati.

Di satu sisi, Mek dan kawan- kawan akan menggerakkan para pemuda untuk mencoba mnggeliatkan sektor bawang merah di desa Cambai. "Kami mengharapkan sinergitas antara Pemprov, Pemkab, Pemdes dan kelompok tani untuk mendukung dari berbagai sektor permodalan, teknologi pertanian, bibit, pupuk hingga pemasaran, agar masyarakat siap beralih dari tambang ke pertanian karena masyarakat lebih sejahtera dan terjamin jika memilih profesi sebagai petani," harap Mek.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com