• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Ajak Dewan Berzakat, Syamsu : Kesannya Kita Gak Bayar

Selasa, 09 Oktober 2018 | 16:56 WIB
Wakil Ketua II, DPRD Bangka Tengah, Syamsu Chairil. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Saat DPRD Kabupaten Bangka Tengah mengajukan Raperda Inisiatif Pengelolaan Zakat, terdapat moment Bupati Bateng Ibnu Saleh mengajak kepada anggota dewan untuk turut juga membayar zakat seperti ASN lainnya di lingkungan Pemda Bangka Tengah. 

Klik juga : Pelamar CPNS Bateng Sudah 1369, Tapi Masih Banyak Formasi yang Kosong

Namun ajakan tersebut ternyata membuat wakil rakyat tersinggung. Hal itu dapat terlihat saat Wakil Ketua II DPRD Bateng, Syamsu Chairil turut berkomentar menanggapi ajakan orang nomor satu di Bateng itu. "Kalau ajakan kan kesannya kita gak bayar. Kita malah sudah lama bayar zakat yang langsung di potong oleh bendahara melalui gaji bulanan, sejak peraturan bupati dikeluarkan. Beberapa tahun lalu kita sudah mulai bayar zakat, jadi kalau bupati mengatakan cuma ASN yang bayar terkait beliau memahami atau tidak itu salah besar," ujar Syamsu, Selasa (9/10/2018).

Ia menambahkan, setiap laporan pembayaran zakat terdapat tembusan bupati, sehingga menurut Syamsu bupati tahu. "Sebelumnya kan beliau juga lama jadi Sekda, masa gak tahu dewan selama ini ikut bayar zakat. Ini harus diluruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman," ungkapnya.

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),  membenarkan bahwa sudah ada pemotongan 2,5 persen gaji bulanan anggota dewan yang muslim untuk zakat yang dikelola Baznas. "Dari zaman pak Erzaldi anggota dewan sudah bayar zakat sesuai ketentuan, dan sampai sekarang zaman bupati Ibnu Saleh pun sama mereka masih bayar zakat seperti biasa," tandasnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com