• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jokowi Berpeluang Dua Periode, Benarkah?

Minggu, 07 Oktober 2018 | 18:18 WIB
Maruf Amin dan Jokowi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Direktur ekeskutif Saiful Mujani Research & Consuling (SMRC) Djayadi Hanan menyatakan bahwa capres Joko Widodo (Jokowi) memiliki peluang untuk menjadi pemenangan di pilpres 2018 terbilang kuat.

Apalagi, sambung Djayadi, bahwa dalam 2 bulan terkahir tren elektabilitas capres Joko Widodo (Jokowi) selalu mengalami peningakatan dibanding pesaingan yaitu Prabowo Subianto. Yaitu Elektabilitas Jokowi meningkat dari 57,2% pada Mei 2018 ke 60,2% pada September 2018 dengan tren pilihan presiden dua nama.

Sedangkan Prabowo Subianto menurun dari 33,2% pada Mei 2018 menjadi 28,7% pada September 2018. "Tren dukungan dalam sumulasi dua calon untuk Jokowi cenderung meningkat. Sedangkan Prabowo cenderung menurun,” papar Djayadi di Kantor SMRC, Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).

Dalam catatan Pemilu Indonesia, SBY mampu menang dua kali melawan Megawati Soekarnoputri. Hal ini bisa disamai oleh Jokowi yang akan kembali ditantang oleh Prabowo di Pilpres 2019. Ia mengatakan pola yang sama tersebut didasarkan pada hasil survei di mana pada Pilpres 2009 posisi SBY diunggulkan berbagai lembaga survei dengan trend positif atau naik.

Hal ini pun terjadi oleh Jokowi yang kali ini maju bersama Ma'ruf Amin. "SBY mengakhiri dengan kemenangan pada 2009. Bagaimana dengan Jokowi di tahun 2019? Kalau melihat pola tren dukungan pada SBY yang sukses pada 2009, Jokowi punya peluang yang sama," tukasnya.

Meski begitu, Jokowi bersama timnya sudah berada di atas angin atas keunggulan di semua lembaga survei. Di mana ada sejumlah faktor yang bisa mengubah tren positif menang tersebut.

"Faktor ekonomi, politik, hukum, dan kondisi keamanan. Meski penilaian atas faktor itu secara umum lebih positif pada masa Jokowi jadi presiden dibandingkan pada masa SBY," tukas dia.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com