• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


ERG PT Timah Sasar Posko Korban di Pedalaman

Sabtu, 06 Oktober 2018 | 12:23 WIB
Saat tim ERG PT Timah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyrakat Gempa dan Tsunami di Kota Palu dan Donggala (Septi/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Hari ke ketujuh pasca gempa, tim medis Tim Emergency Response Group (ERG) PT Timah sasar posko korban di pedalaman. ERG PT Timah terus memberikan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala. 

Tercatat ada 87 pasien yang medapat pelayanan kesehatan pada hari ketujuh pasca gempa. Selain mendirikan posko bantuan, tim ERG PT Timah juga mendatangi posko-posko kecil lainnya yang berada di pedalaman yang dirasa belum terjamah bantuan.

Kegiatan ini dilakukan sinergi dengan tim medis dari PT Antam dan PT Inalum. Lokasi pertama yang dijamah adalah posko yang berada tidak jauh dari SPN  Labuan Paninmba, Danggola, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, tim yang masih di sekitaran Kecamatan Labuan, Danggola menuju ke daerah Pegunungan memantau posko pengungsian sementara korban yang notabene banyak bermukin di pegunungan. 

Anggota tim medis ERG PT Timah dr. Ryan menuturkan, di Labuan banyak pasien yang mengalami luka-luka,  ada lagi ibu-ibu yang terkena air panas ketika gempa serta kesulitan bahan makanan."Rata-rata korban disini mengalami  luka terkena reruntuhan bangunan, mereka tidak sempat menghindar ketika gempa datang, " tutur 

Koordinator ERG PT Timah dr. Yanuar seusai melakukan pengobatan pada Jumat (5/10). Ia menambahkan, korban juga kekurangan bahan makanan, karena banyak toko dan rumah warga yang tutup. Menurutnya tujuan dari door to door pengobatan ini adalah untuk membantu secara efektif  para korban gempa. 

"Ini inisiatif serta arahan dari KESDM, maka kami harus bisa menjadi pelopor  membantu pemerintah dalam penanganan korban gempa. Kami ingin masyarakat merasa tenang dan tidak terabaikan. Aksi ini akan terus dilakukan sampai keadaan membaik. Dan tidak lupa akan memberikan bantuan logistik pula," tuturnya.



Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com