• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Anaknya Diberi Vaksin MR, Orang Tua Siswa Protes

Sabtu, 06 Oktober 2018 | 14:14 WIB
Plt Kepala BKKBN Bangka Boy Yandra. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Bangka, beberapa waktu lalu menggelar audiensi bersama orang tua murid di salah satu Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Sungailiat, perihal penerapan Vaksin Measles Rubella (MR) kepada para siswa.

Hal tersebut disampaikan oleh Boy Yandra, selaku Plt Kepala BKKBN Kabupaten Bangka, kepada klikbabel.com, Sabtu (6/10/2018). Ia mengatakan, audiensi dilakukan karena terdapat protes beberapa orang tua murid yang merasa tidak adanya koordinasi dari pihak sekolah, ketika memberikan vaksin terhadap anak mereka.

Boy melanjutkan, memang sebelumnya saat melakukan kegiatan pemberian vaksin yang pertama, terdapat surat pemberitahuan kepada orang tua murid. ''Alhamdulillah saya juga termasuk tim audiensi. Disitu ada juga Bu Then dan lainnya. Diberikan surat pertama itu, untuk menghormati orang tua.

Bagaimana agar orang tua mengetahui dan memang banyak orang tua yang tidak mengizinkan,''jelasnya. Sementara itu, berdasarkan petunjuk pelaksanaan vaksin MR, dikatakan Boy, ternyata tidak perlu atau diwajibkan untuk mendapat persetujuan dari orang tua murid untuk memberikan vaksin tersebut.

Selain itu, pihaknya juga sudah menghadap Bupati Bangka, untuk menjelaskan tentang pelaksanaan vaksin, dan Bupati Bangka menyetujui serta memberikan imbauan terhadap masyarakat, terkait manfaat vaksin MR terhadap anak-anak.

''Jadi kita juga sudah mendapat izin dari Bupati untuk melaksanakan itu. Ada juga MUI, dan pihak terkait lainnya. Alhamdulillah setelah dikasih penjelasan tentang pentingnya vaksin MR itu, para orang tua akhirnya mengizinkan anaknya untuk divaksin,''ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, sampai saat ini sudah terdapat 6 orang pengidap Rubella di kabupaten Bangka, dan pihaknya tidak ingin terdapat korban lainnya yang terjangkit virus tersebut, mengingat dapat menular dari masing-masing penderita.

''Sekarang ada enam, dua orang sudah dirawat selama tiga bulan. Itu sudah kami kirim ke luar untuk dirawat. Mudah- mudahan tidak ada lagi yang terjangkit virus ini kedepan,''tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com