• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Bangka Bentuk GMHP Antisipasi Masalah DPT

Jumat, 05 Oktober 2018 | 14:02 WIB
Suasana rakor yang dilaksanakan KPU Bangka membahas Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP). (Foto : ist)

Klikbabel.com,Sungailiat - Rapat Koordinasi (Rakor) antara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemilihan Suara (PPS), digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangka dengan pembahasan Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP). Rakor tersebut digelar guna melindungi hak masyarakat saat Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua KPU Bangka, Zulkarnain mengatakan, GMHP sendiri perlu dilakukan, karena permasalahan daftar pemilih selalu terjadi dalam Pemilihan umum (Pemilu). "Hal seperti daftar pemilih sering menjadi persoalan dalam Pemilu oleh masing-masing calon, perlu antisipasi melalui GMHP," jelasnya, Jumat (5/10/2018).

Daftar pemilih sendiri, dikatakan Zulkarnain, merupakan hal dinamis tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat kelemahan dalam beberapa sisi. Maka, menurutnya perlu dilakukan perbaikan daftar pemilih. Hal itu dilaksanakan, agar masyarakat tidak kehilangan mata pilihnya dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi.

KPU Kabupaten Bangka sendiri akan memulai gerakan GMHP pada 1 hingga 28 Oktober 2018, setelah penetapan untuk perbaikan data pemilih untuk masyarakat wilayah kabupaten Bangka. "Kita berharap dilakukannya GMHP, agar tidak ada lagi masyarakat yang belum mendapatkan hak pilihnya ketika Pilpres dan Pileg 2019,"ungkapnya.

Sementara itu, peran PPK dan PPS nantinya juga dapat memperhatikan secara baik dan benar permasalahan tersebut (DPT), sehingga ketika penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tidak ada lagi kendala di lapangan. ''Masyarakat yang belum masuk dalam DPT juga diminta harus berperan aktif untuk bertanya dan melihat data di PPK dan PPS, apabila belum terdaftar PPK dan PPS harus segera memasukkan data,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com