• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Top! Buah Manggis Indonesia Diekspor ke Cina

Kamis, 04 Oktober 2018 | 10:42 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Padang - Target Kementerian Pertanian (Kementan), di bawah kepemimpinan Andi Amran Sulaiman untuk meningkatkan volume ekspor berbagai komoditas pangan untuk mengerek pertumbuhan ekonomi nasional dan menguatkan nilai tukar rupiah semakin terbukti. Setelah mengekspor beras khusus, bawang merah, jagung, telur, daging ayam, benih sayuran, tanaman hias, berbagai komoditas perkebunan dan komoditas pangan lainnya, kini giliran manggis dari Ranah Minang ke Cina.

Klik Juga : Ratna Sarumpaet Jadi Meme Kocak

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, hadir langsung melepas ekspor manggis di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (2/10/2018) kemarin. Hadir juga Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abdi, anggota DPD RI, Ema Yohana, Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi, Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Candra, dan eksportir manggis.

Amran mengungkapkan, prediksi ekspor manggis 2018 mencapai 60 ribu ton atau naik 553 persen dari 2017, yang hanya 9.167 ton. Ekspor ini merupakan 38 persen dari total produksi manggis nasional 2018, sebesar 166.725 ton. Dari Kabupaten Ranah Minang, Indonesia mengekspor manggis perdana kontrak dengan Cina sebanyak 10 ribu ton. "Menariknya, dari 10 eksportir, baru pertama kali ini eksportir dari Sumatera Barat, sehingga perlu dicontoh daerah lain. Hari ini kita buktikan, berkat kemajuan teknologi yang kita hasilkan sendiri. Kita tingkatkan ekspor komoditas hortikultura ke berbagai negara," demikian harapnya.

Menurutnya, potensi pertanian Indonesia sangat besar untuk menyediakan pangan secara berdaulat, yakni tanpa impor. Sentra produksi manggis di Indonesia tersebar dari Sumatera sampai Nusa Tenggara Barat.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com