• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bursa Inovasi Desa Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Antara Desa

Kamis, 04 Oktober 2018 | 16:16 WIB
Busa Inovasi Desa yang digelar Pemkab Bangka. Foto : Ist

Klikbabel.com, Sungailiat - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Bangka, menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat Kabupaten Bangka, Kamis (4/10/2018) di Gedung Sepintu Sedulang, Kecamatan Sungailiat. Wakil Bupati (Wabup) Bangka Syahbudin mengatakan, manfaat digelarnya BID sendiri, terdapat pertukaran pengetahuan tentang kegiatan yang bersifat inovasi tentang pengelolaan desa.

Klik Juga : Setujukah Jika 3 Oktober Jadi Hari Anti Hoaks?

"Kepala desa nantinya dengan dibantu BPD dan tokoh masyarakat, diharapkan dapat merencanakan pembangunan di desa-desa agar lebih bervariasi dan berinovasi untuk menuju kemandirian suatu desa,'' jelasnya. Kedepannya para kades dapat melihat keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh desa lain dan dapat mengadopsi untuk dilaksanakan di desanya yang disesuaikan dengan kondisi daerah.

''Diharapkan penggunaan dana desa dapat berdampak pada pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan SDM dan peningkatan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya dapat mewujudkan desa yang mandiri,'' ungkapnya. Ia melanjutkan, dalam mewujudkan hal tersebut segala elemen terkait harus bekerja bersama serta kepedulian semua pihak untuk mewujudkan desa yang sejahtera. Komitmen tinggi terhadap program yang akan dilaksanakan di desa, juga harus dimiliki seorang kades, dengan memasukkan ke dalam rencana kerja pembangunan desa tahun 2019, yang dapat  menentukan keberhasilan pembangunan pasca bursa.

''Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi pembangunan di desa dan pada akhirnya diharapkan desa dapat menggunakan dana desa untuk mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan menuju desa yang mandiri,'' tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com