• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Ungkap Perbedaan Lada Vietnam dan Bateng

Rabu, 03 Oktober 2018 | 09:33 WIB
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh bersama dinas terkait dalam memberikan penjelasan kepada para penyuluh membahas terkait lada. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh mengungkapkan perbedaan lada di Vietnam dengan lada di Bateng, hasil dari kunjungan studi banding dirinya bersama dinas terkait beberapa waktu lalu ke Vietnam. 

Klik juga : Ingin Penanganan Cepat, Jokowi Kembali ke Palu

Dihadapan penyuluh, Ibnu menyebutkan lada yang ada di Vietnam lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di Bangka Tengah, padahal dengan menggunakan junjung yang sama. "Hanya saja perbedaannya, di setiap per batang lada-nya mereka menyediakan pipa kecil untuk menyiram lada tersebut," ujar Ibnu, Selasa (2/10/2018).

Selain itu Vietnam juga sama- sama menggunakan pupuk organik. Hanya saja yang membedakan yaitu lada yang ada di Bangka Tengah terkenal sangat bau. Hal ini dikarenakan proses menjadi lada putih menggunakan air. Sementara, di Vietnam tidak bau karena tidak ada proses perendaman. "Lada hitam mereka di jadikan lada putih karena mereka menggunakan mesin pengupas," jelas bupati.

Ia mengharapkan untuk Dinas Pangan, kualitas lada harus diperhatikan, peran dagang juga. Serta mencari pupuk organik dan pestisida yang nabati. Selain itu juga setiap adanya pameran selalu adakan promosi mengenai lada dan membuat narasi dengan menarik. "Saya sarankan kepada Kepala Dinas terkait untuk mencari user atau broker yang mau membeli dan mempromosikan lada hitam. Karena lada hitam di Bangka Tengah itu mahal," tutupnya. 

loading...
loading...


Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com