• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jawa Bakal Diguncang Gempa Besar, LIPI : Hoax!

Selasa, 02 Oktober 2018 | 19:51 WIB
Evakuasi korban. Foto : Ist

Klikbabel.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membantah berita yang tersebar di media sosial yang berisi imbauan untuk waspada karena akan terjadi gempa besar di Jawa dalam waktu dekat.

Pakar Kegempaan LIPI Danny Hilman Natawidaja mengatakan memang ada potensi terjadi gempa di Jawa. Tetapi soal waktunya belum bisa diprediksi oleh teknologi yang dimiliki oleh manusia saat ini. "Di media ini potensi gempa itu dipelintir, menjadi yang akan terjadi dalam waktu dekat, itu salah. Kalau potensi ada, tapi tidak tahu kapan tepatnya," kata Danny dalam diskusi di kantor LIPI, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

"Misalnya di Bandung dalam waktu dekat atau Jakarta dalam waktu dekat kita tidak tahu. Tapi kalau potensi ada," lanjut dia. Danny mengatakan kabar hoax tersebut kerap beredar dari orang yang tidak bertanggung jawab sejak gempa Lombok beberapa waktu lalu.

Dirinya menegaskan jika pihaknya selalu melakukan klarifikasi. Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto mengatakan hingga saat ini belum ada teknologi di dunia yang mampu memprediksi secara akurat kapan terjadinya gempa bumi.

Dirinya memastikan jika ada informasi mengenai akan terjadinya gempa, dapat dipastikan hal tersebut adalah hoax. "Jika ada pendapat yang menyatakan mampu memprediksi kapan terjadi gempa bumi beserta kekuatan magnitudonya, bisa dipastikan itu adalah hoax," tutup Eko.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com