• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


"Curi" Ilmu dari Vietnam, Dinas Pangan akan Ajukan Pengadaan Junjung Kapuk

Selasa, 02 Oktober 2018 | 09:13 WIB
Dinas Pangan Bateng saat melakukan studi banding ke Vietnam untuk belajar bertani lada. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Koba - Setelah melakukan studi banding ke Vietnam bersama Bupati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin mengatakan, akan ada beberapa program yang bakal mereka terapkan.

Klik juga : Bupati Bateng Berikan Penghargaan ke ASN Berprestasi

Salah satunya yakni mengikuti gaya bertani lada Vietnam seperti pemakaian junjung kapuk serta penerapan trikoderma dan teknis pemakaian kompos perlubang untuk satu batang, dimana penerapan ini sudah berhasil di Vietnam dengan tinggi batang lada bisa mencapai 7 meter dan menghasilkan 3-4 kilogram per batang. 

"Untuk ilmu yang kita dapat dari studi banding ke Vietnam akan segera kita terapkan di daerah kita, contoh kita akan segera perlahan buat petani gunakan junjung kapuk, penerapan teknologi trikoderma yang menyeluruh serta penerapan pemakaian kompos yang baik. Kita sudah ajukan ke bupati untuk dianggarkan," jelasnya, Senin (1/10/2018). 

Ia menambahkan, untuk tenologi hampir sama dengan yang sudah dilakukan petani lokal selama ini, hanya saja kurang penerapan seperti teknologi trikoderma dan penggunaan kompos 2-3 kilogram per lubang. "Yang paling utama sebenarnya adalah penerapan junjung kapuk," terangnya. 

"Setelah ini kita akan rekomendasi ke bupati dan mungkin nanti pak bupati bisa menegaskan untuk menganggarkan program pengadaan junjung kapuk ke daerah-daerah, baik dari kami Dinas Pangan, Dinas Pertanian maupun dari APBDes sekalipun," harapnya.

loading...
loading...


Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com