• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tarif Bandara Mau Naik, Tiket Pesawat Makin Mahal

Senin, 01 Oktober 2018 | 16:36 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) mengajukan kenaikan passenger service charge (PSC) di bandara-bandara yang dikelola perseroan. PSC adalah tarif yang dikutip pengelola bandara ke penumpang pesawat atas fasilitas dan jasa kebandarudaraan. Tarif ini menjadi bagian dari komponen tiket pesawat, dengan kata lain jika Anda membeli tiket pesawat maka harga yang dibayar itu sudah termasuk PSC.

Klik Juga : Keran Asing Mulai Dibuka untuk Bantu Palu

"Bandara-bandara yang kita usulkan penyesuaian PSC adalah bandara yang sudah kita spent dlm capex dan investasi 2-3 tahun terakhir, dengan juga mempertimbangkan berapa tahun terakhir PSC-nya naik," kata dia di Kantor Kemenko Kemaritiman, Senin (1/10/2018). Dia menuturkan konsep dari kenaikan PSC ini adalah penyesuaian dilakukan jika pengelola bandara sudah meningkatkan fasilitas dan pelayanan. "Revenune-nya kita kembalikan lagi menjadi investasi peningkatan mutu."

Awaluddin mengungkapkan beberapa bandara yang akan dinaikkan PSC-nya adalah Bandara Silangit dan Banyuwangi. "Kami mulai cukup banyak dalam 2-3 tahun terakhir dapat pelimpahan bandara dari Kemenhub contoh yang sudah Silangit, Banyuwangi. Jadi, yang sudah di kita saja dan sudah diinvest 2-3 tahun [PSC akan dinaikkan]. Silangit aja diserahkan ke kita di 2012, dan sejak itu kita tidak pernah berhenti berinvestasi dan tarif PSC masih sejak bandara perintis, Rp 10.000." Sementara itu, kata dia, PSC di Bandara Soekarno-Hatta belum diusulkan naik untuk saat ini. Adapun, PSC di Soekarno-Hatta terakhir naik pada 1 Maret 2018.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC