• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Banyak Pabrik Sawit Tak Ikuti Aturan TBS

Senin, 01 Oktober 2018 | 16:15 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Murahnya harga Tandan Buah Sawit (TBS) di Provinsi Bangka Belitung lebih disebabkan pabrik sawit yang tidak mengikuti ketentuan. Hal ini dikemukakan Anggota Komisi B DPRD Bangka Supiyan, Senin (1/10/2018). Saat dijumpai sejumlah awak media, Supiyan mengatakan, harga TBS memang ditentukan oleh pemerintah propinsi, namun tidak seluruh pabrik kelapa sawit mengikuti ketentuan.

Menurutnya, hal inilah salah satu yang menyebabkan turunnya harga TBS ditingkat petani. ''Minat petani-petani kelapa sawit di Bangka ini dari tahun ke tahun sangat besar. Mereka membuka lahan untuk menanam kelapa sawit dan hasil produksinya pun mengalami peningkatan. Patut kita syukuri juga. Namun disisi lain pabrik kelapa sawit mengutamakan pembelian TBS dari perkebunan,'' ucapnya.

Supiyan meneruskan, sedangkan petani mandiri yang berjuang sendiri, ketika hendak menjual TBS terkesan diabaikan dan menyebabkan harga TBS ditingkat petani mandiri turun. Diharapkan juga, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan segera oleh Pemerintah daerah dengan mencari solusi jangka pendek dan jangka panjang terkait turunnya harga TBS ini. ''Kami dari Fraksi Demokrat meminta Pemkab Bangka dalam hal ini, memanggil pihak terkait permasalahan ini, termasuk juga para petani mandiri agar dapat duduk bersama mencari solusi. Untuk jangka panjang, pemkab diharapkan menjajaki kerjasama dengan investor yang ingin membangun pabrik kelapa sawit di Bangka,'' tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin mendorong Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk dapat mendata luas lahan petani sawit mandiri yang ada di Kabupaten Bangka. ''Kita juga berharap beberapa waktu kedepan saya membaca di media, bahwa DPRD Babel mengancam kepada pihak pabrik kelapa sawit yang tidak mengikuti aturan harga TBS oleh Gubernur akan direkomendasikan untuk dicabut ijin usahanya,'' tutup Supiyan.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com