• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Anthonius Gunawan Agung Kehilangan Nyawa Demi Pastikan Pesawat Aman saat Gempa

Senin, 01 Oktober 2018 | 13:15 WIB
Anthonius Gunawan Agung, petugas ATC bandara Mutiara Al Jufri, Palu yang tewas saat menjalankan tugasnya ketika gempa terjadi. (Foto : Twitter)

Klikbabel.com,Palu - Gempa berkekuatan 7.7 Skala Richter yang mengguncang kota Palu dan sekitarnya meninggalkan kabar duka dan menyentuh dari Anthonius Gunawan Agung. Petugas Air Traffic Controller (ATC) itu meninggal dunia saat mengemban tugasnya guna memastikan setiap pesawat yang ada di bandara Mutiara Al Jufri, Palu aman saat lepas landas.

Klik juga : Karang Taruna Desa Dalil Kunjungi Pulau Nangka

Dikutip dari laman @IndoPluralitas, semua berawal ketika Batik Air hendak melakukan lepas landas. Agung, yang mengemban tugas saat itu memandu pilot Batik Air dari menara ATC. Sekitar pukul 17.55 WITA gempa terjadi dan pesawat masih bergerak kencang. Pesawat belum terbang penuh dan roda pesawat masih tampak di badan pesawat belum menutup.

"Agung juga turut merasakan getaran gempa dan puluhan orang berteriak ketakutan sambil menyelamatkan diri keluar dari dalam gedung bandara," cuit akun twitter tersebut dikutip klikbabel.com, Senin (1/10/2018).

Teman-teman Agung yang mengetahui keberadaannya berteriak meminta agar Agung turun dari menara. Namun Agung tidak bergeming dan melanjutkan tugasnya hingga tuntas memandu pilot Batik Air untuk lepas landas. Pilot Batik Air ID 6231 ... Allowed to take off .. Copy," ucap Agung dari menara ATC bandara Mutiara Al Jufri, Palu. "Copy. Crew officer. Air flight is ready to take off," balas pilot Capt. Ricosetta Mafella dari ruang kemudi. "Safe flight Batik Air... Take off," ucap Agung menutup komunikasinya dengan pilot Batik Air yang sudah posisi aman mengudara.

Selesai ia menjalankan tugasnya, Agung terlambat untuk menyelamatkan diri. Menara ATC roboh. "Ia tewas dalam tugas mulia untuk memastikan semua penumpang dan pilot benar-benar sudah mengudara dengan aman. Ia menjadi patriot yang sungguh-sungguh mengemban tugas sepenuh tanggung jawab meski harus kehilangan nyawanya sendiri," tutup cuitan tersebut.

loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com