• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Topkapi Palace, Museum yang Miliki Koleksi Potongan Rambut Nabi Muhammad SAW

Minggu, 30 September 2018 | 10:57 WIB
Museum Topkapi Palace. Foto : net

Klikbabel.com, Turki - Ada berbagai macam peninggalan sejarah zaman dahulu yang sekarang berada di tempat yang dilindungi, seperti museum. Bukan hanya peninggalan pada masa penjajahan saja, tetapi juga terdapat peninggalan pada zaman nabi.

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir umat muslim di seluruh dunia. Nabi Muhammad SAW menjadi sosok teladan yang patut untuk dicontoh umat muslim saat ini. Akhlak mulia semasa hidupnya membuat semua orang menjadikan beliau sebagai panutan hidup.

Meskipun telah meninggal ribuan tahun lalu, sosok beliau tidak pernah sekalipun dilupakan. Jutaan umat muslim di dunia merindukannya. Tidak ada obat yang dapat menghilangkan rasa rindu seluruh umatnya di dunia saat ini.

Namun, ada beberapa peninggalan Nabi Muhammad yang tersimpan di museum Topkapi Palace, Istanbul, Turki. Melansir dari berbagai sumber, Minggu (30/9/2018), Topkapi Palace awalnya bernama Yeni Saray yang berarti Istana Baru.

Topkapi Palace adalah istana kesultanan Ottoman yang pertama kali dibangun sejak penaklukkan Konstantinopel pada than 1453. Koleksi paling berharga di Topkapi Palace adalah peninggalan Nabi Muhammad SAW. Salah satunya helainan rambut janggut milik Rasulullah SAW yang tersimpan di ruang penyimpanan amanat suci di museum Topkapi, Istanbul, Turki.

Dikatakan dalam kesaksian para sahabat, Rasulullah SAW memiliki rambut ikal berwarna sedikit kemerahan. Kulit putih kemerah-merahan, wajah cenderung bulat dengan mata hitam dan bulu mata panjang. Tidak berkumis dan berjanggut sepanjang sekepalan telapak tangannya.

Selain rambut, di museum Topkapi juga terdapat gigi Nabi Muhammad SAW, stempel Nabi Muhammad SAW, jubah Nabi Muhammad SAW, tapak kaki Nabi Muhammad SAW, panji Nabi Muhammad SAW, turban Nabi Yusuf a.s, pedang Nabi Daud a.s dan tongkat Nabi Musa a.s.



Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com