• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemdes Bukit Kijang Kelola 23 Hektar Bekas Tambang Timah

Sabtu, 29 September 2018 | 09:41 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Desa (Pemdes) Bukit Kijang kelola seluas 23 hektare bekas tambang bijih timah menjadi lahan produktif. Lahan tersebut kini ditanami  berbagai tanaman holtikultura dan digunakan  untuk beternak sapi serta ikan air tawar. 

Pengelolaan lahan tersebut, Pemdes bekerjasama dengan PT Timah TBK, Kementerian serta kelompok tani di daerah itu. "Pengelolaan lahan bekas tambang, kita melibatkan berbagai pihak diantaranya lima hektare bekerja sama dengan PT Timah Tbk, 10 hektare dengan Kementerian Pertanian dan delapan hektare lainnya dikelola kelompok petani Desa Bukit Kijang," ujar Kedes Bukit Kijang, Idryansyah, Senin (24/9/2018) usai menerima bantuan program Bina Lingkungan PT Timah.

Dengan dikelolanya lahan bekas tambang menjadi lahan produktif diharapkannya dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. "Pengembangan lahan bekas tambang ini juga dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga desa," tuturnya.

Ia menyebutkan, sebelumnya bekas tambang bijih timah terlantar dan tidak dimanfaatkan, namun berkat dorongan dan bantuan PT Timah, pemerintah provinsi dan pusat lahan bekas timah, akhirnya lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa.

"Kita akan terus menambah lahan-lahan bekas tambang untuk dijadikan lahan produktif untuk meningkatkan produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, kita akan mengurangi ketergantungan pasokan dari luar daerah dan juga dapat mengurangi penganguran serta kemiskinan di desa ini," jelasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com