• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Makanan yang Sebabkan Awet Muda

Sabtu, 29 September 2018 | 05:53 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Punya tubuh dan wajah awet muda tentu adalah impian setiap orang. Bicara tentang awet muda, biasanya kebanyakan orang hanya fokus pada wajah. Padahal, fungsi tubuh lainnya juga harus dibuat awet muda. 

Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Pasalnya, ada beberapa makanan yang bisa bikin awet muda, lho! Wajah yang awet muda erat kaitannya dengan wajah bebas kerutan, mulus, serta terlihat cerah dan bercahaya.

Berbeda dengan tubuh awet muda, yaitu memiliki gigi yang utuh, tulang yang kuat, serta otot yang terbentuk ideal di usia tua menuju senja akan memberikan kualitas hidup yang lebih baik. Bayangkan pada usia tua, Anda tetap bisa sehat dan bugar layaknya remaja! Selain dengan rutin olahraga, makanan juga merupakan salah satu komponen penting yang bisa membantu Anda menjaga tubuh awet muda alias mencegah penuaan dini dan penurunan berbagai fungsi tubuh, termasuk kulit.

Nah, makanan di bawah ini bisa Anda andalkan untuk membantu Anda awet muda!

1. Dark Chocolate

Dark chocolate (ingat, bukan jenis cokelat susu) adalah makanan yang kaya akan flavanol. Flavanol adalah senyawa kimia yang termasuk ke dalam grup flavonoid, yang terkenal akan kemampuannya menurunkan risiko penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya. Flavanol sendiri umum ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan, termasuk teh, buah berry, dan tentu saja kakao.

Flavanol yang terdapat dalam kakao atau biji cokelat juga memiliki keunggulan yang spesifik. Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi flavanol kakao dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, sehingga mendukung kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

Tentunya, sirkulasi darah yang baik penting untuk kesehatan kulit sehingga cokelat hitam dengan kandungan flavanolnya dapat membantu membuat kulit terlihat awet muda dan sehat.

Flavanol juga dapat membantu mengatasi paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit dan merupakan penyebab timbulnya tanda penuaan dini yang utama.

2.  Jeruk dan Lemon

Vitamin C memegang peranan penting dalam kesehatan kulit dan tubuh secara umum. Anda tentu telah mengetahui, buah-buahan seperti jeruk dan lemon adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C, sehingga baik untuk menjaga Anda tetap awet muda. Buah ini juga kaya akan kandungan air sehingga dapat membantu memenuhi sedikit dari kebutuhan cairan harian Anda.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen yang merupakan komponen penting dalam regenerasi kulit dan menjaganya tetap kenyal dan lembut.   Selain itu, vitamin C juga penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit. Penuhi kebutuhan harian vitamin C Anda dengan buah-buahan, terutama buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan lemon.

3. Alpukat

Masih seputar buah, alpukat juga merupakan salah satu buah yang bermanfaat untuk membantu Anda tetap awet muda. Alpukat terkenal sebagai buah yang kaya akan lemak, tapi jangan keliru, lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang justru sehat dan baik untuk tubuh.

Lemak ini membantu menjaga kulit tetap lembap dan membantu tubuh menyerap berbagai vitamin dan nutrisi pada pencernaan. Asam lemak pada alpukat juga bisa membantu melawan proses inflamasi pada tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penurunan fungsi tubuh dan memicu munculnya berbagai tanda penuaan dini.

Anda dapat mengonsumsi alpukat secara langsung, menjadikannya olesan roti dan campuran salad, bahkan menggunakannya sebagai bahan masker alami.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com