• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lulus Seleksi, PNS Dilarang Ajukan Mutasi Selama 10 Tahun

Jumat, 28 September 2018 | 16:03 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan jika Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus seleksi tidak diperbolehkan untuk pindah tempat dinas (mutasi) dengan alasan apapun selama 10 tahun. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 36 tahun 2018.

Klik Juga : Kapolri Bakal Sikat Calo CPNS

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, aturan tersebut sengaja dikeluarkan agar menjamin pelayanan disuatu daerah bisa berkelanjutan. Jangan sampai pelayan disuatu daerah hanya berjalan satu tahu dua tahun setelah itu kembali kosong. "Ini menjamin terjadinya pelayanan publik yang berlanjut. Jadi ada waktu 10 tahun mereka mengabdikan diri untuk jabatannya yang dituju," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenoanRB), Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Selain itu, juga aturan tersebut sengaja dibuat agar jumlah pegawai disatu daerah dengan daerah lainnya tidak mengalami ketimpangan. Sebab seringkali ada pelamar CPNS yang sengaja melamar d idaerah terpencil agar menjadi PNS namun ketika sudah jadi memutuskan untuk mutasi kembali ke daerah Jawa. Tentunya hal tersebut sangat merugikan daerah terpencil tersebut. Dan bagi daerah Jawa juga akan merugikan karena kelebihan beban gaji pegawai akibat terlalu banyaknya PNS yang dimiliki.

"Ini kita mencoba menjaga keseimbangan antara daerah. Kalau tidak dilakukan peraturan seperti itu, mereka akan pindah ke kota semua, sehingga pelayanan publik di daerah terpencil dapat diberikan keberlanjutan," jelasnya. Sebagai informasi, sebelumnya pemerintah mengeluarkan Permenpan untuk mengatur agar para PNS tidak mudah untuk pindah tempat dinas dalam jangka waktu singkat. Hal tersebut tertera dalam Permenpan Nomor 36 tahun 2018 huruf J poin 2 H.

Dalam poin tersebut disebutkan jika peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat serat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi tersebut dalam waktu yang lama. Dalam surat tersebut peserta yang lulus tidak diperkenankan mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang -kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT (terhitung mulai tanggal) PNS.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com