• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Benarkah Jadi PNS Bisa Membuat Makmur? Simak Soal Gaji PNS Disini!

Jumat, 28 September 2018 | 16:10 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang begitu banyak diminati. Salah satunya, disebabkan oleh gaji yang luar biasa. Benarkah demikian?  Melansir dari berbagai sumber, pemerintah masih menerapkan angka yang sama untuk gaji PNS sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1997 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PP 30/2015).

Klik Juga : Baru Bisa Ajukan Mutasi Selama 10 Tahun

CPNS lulusan S3 sederajat akan masuk ke PNS golongan IIIC dengan gaji sebesar Rp 2.135.120. Sedangkan untuk lulusan S2 sederajat masuk ke golongan IIIB dengan besaran gaji Rp 2.048.480. Untuk S1 sederajat akan masuk golongan IIA. Gaji yang diperoleh CPNS lulusan S1 sebesar Rp 1.965.360. CPNS lulusan D3 sederajat akan masuk golongan IIC dengan gaji Rp 1.753.840. Sedangkan untuk lulusan SMA sederajat masuk golongan IIA dengan gaji sebesar Rp 1.540.800.

Jumlah gaji yang mereka terima ini sama disemua instansi dan lembaga. Tunjangan lah yang membedakan jumlah gaji yang akan mereka terima nanti. Gaji itu juga merupakan perhitungan setelah dikurangi 20% dari total gaji PNS dengan golongan yang sama, mengingat CPNS baru menerima 80% gaji PNS. Gaji yang tertulis memang jumlahnya tak terlalu banyak. Namun selama ini PNS dikenal dengan banyaknya tunjangan kerja.

Bahkan di beberapa instansi, tunjangan yang diberikan bisa berkali lipat dari gaji pokok. Kendati demikian, setiap institusi memiliki kebiajakan sendiri soal tunjangan gaji mengingat pemerintah tak mengatur soal tunjangan.

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com