• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PT Timah Bakal Lanjutkan PCE Reklamasi di Cungfo

Selasa, 25 September 2018 | 08:30 WIB
Sekda Babel Yan Megawandi saat melihat lokasi reklamasi
Loading...

Klikbabel.com, Bakam - PT Timah Tbk akan melanjutkan reklamasi pilot bekas penambangan timah darat yang merupakan bagian dari pertukaran Kerjasama Percontohan/Pilot Cooperation Exchange (PCE) antara Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan German Federal Institute for Geoscience and Natural Resource (BGR).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi saat mengunjungi lokasi pilot reklamasi Air Kundur 3 yang berada di Kampung Cung Fo, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Senin (24/9/2018) mengatakan, PCE akan berakhir pada Desember 2018 dan akan dilanjutkan oleh PT Timah selaku pemegang IUP.

Sekda berpesan agar masyarakat dapat dilibatkan dalam seluruh tahapan kegiatan reklamasi tersebut. "Yang harus kita pikirkan adalah keberlanjutan dari pilot reklamasi ini. PCE akan berakhir akhir tahun ini dan dilanjutkan oleh PT. Timah. Kita sangat berharap agar masyarakat sekitar benar-benar terlibat dalam seluruh tahapan reklamasi ini," pesan Sekda. 

Disamping reklamasi pilot yang dilakukan BGR bersama PT. Timah dan BUMDES Bukit Layang, rangkaian kegiatan PCE lainnya adalah pelaksanaan workshop validasi atas draft buku panduan praktik terbaik yang tersedia untuk reklamasi bekas lahan tambang timah alluvial yang akan diselenggarakan pada hari ini, (25/9).

Sekda berharap, sejumlah kegiatan pilot reklamasi di Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi benchmark akan formulasi atas kondisi lahan reklamasi. "Ada beberapa pilot reklamasi yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Dari pilot reklamasi tersebut, kita harap dapat dijadikan benchmark. Sehingga diperoleh pelajaran terbaik atas formulasi yang baik untuk berbagai kondisi lahan reklamasi dan masyarakat sekitar," harapnya. 

Turut hadir mendampingi dalam kunjungan tersebut, yakni perwakilan PT. Timah, Kepala Dusun Cung Fo, dan perwakilan kantor Cabang Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com