• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penyanyi Indie Kini Lebih Mudah Promosi Lagu Baru Lewat Spotify

Selasa, 25 September 2018 | 12:56 WIB
Penyanyi Indie Kini Lebih Mudah Promosi Lagu Baru Lewat Spotify. Foto : net

Klikbabel.com - Spotify meluncurkan fitur baru yang cukup menguntungkan para penyanyi indie, di mana mereka dapat mengunggah lagu dan album secara langsung tanpa melalui perusahaan label atau grup distribusi. Menariknya, mereka pun secara otomatis akan menerima royalti pembayaran melalui rekening bank.

Hal ini dapat dimanfaatkan oleh mereka untuk lebih mudah mempromosikan lagu tanpa label resmi. Untuk saat ini, fitur tersebut diluncurkan dalam versi beta di Spotify for Artist, di mana penyanyi yang mendaftar dapat mengelola halaman mereka sendiri dan melihat metrik keterlibatan pendengar.

Klik Juga : PT Timah Bangun Akses Jalan Dusun Terpencil

Spotify berkonsultasi dengan penyanyi indie seperti Noname dan Michael Brun untuk merancang alat baru yang memungkinkan seniman mengunggah musik tanpa batasan pada frekuensi, ukuran atau kuantitas, serta mengedit metadata. Terdapat pula alat untuk perkiraan pembayaran selanjutnya untuk melihat proyeksi pada penghasilan di bulan berikutnya.

Dilansir dari TechCrunch, sayangnya fitur ini hanya tersedia bagi seniman Amerika Serikat. Meskipun Spotify mengatakan ingin memperluasnya ke lebih banyak artis dan lebih banyak negara di masa depan.

Fitur ini tidak berdampak apapun pada hak cipta dan tidak memiliki istilah eksklusivitas. Hal itu berarti penyanyi bebas memposting karya mereka ke layanan streaming lainnya atau tempat yang mereka inginkan.

Klik juga : Disebut Pembunuh Raksasa, Anthony Ginting Merendah

Spotify juga tidak akan membebankan biaya atau komisi apapun. Selain itu, dengan mengizinkan penyanyi indie mengunggah musik secara langsung juga dapat diartikan Spotify bisa bersaing lebih baik dengan Apple Music karena menarik lebih banyak artis dan penggemar ke dalam platformnya.

Diperkirakan selama beberapa bulan ke depan, Spotify akan mengirim email kepada artis lain untuk meminta mereka mencoba fitur baru tersebut.



Penulis  : -
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.com