• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Foto-foto Sejarah Etnis Tionghoa Muntok Dipamerkan

Selasa, 25 September 2018 | 10:40 WIB
Perayaan Sembahyang Bulan di Kelenteng Muntok. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Perayaan Sembahyang Bulan atau Pat Ngiat Pan, digelar di Kelenteng Kung Fuk Miao, Muntok, Bangka Barat. Dalam acara tersebut juga diadakan Festival Boen Toe.

Di festival ini, terdapat pameran Boen Toe yang dilaksanakan oleh HETIKA (Heritage Of Tionghoa Bangka) dengan menampilkan berbagai foto - foto sejarah etnis Tionghoa - Muntok pada zaman dahulu. Wakil Bupati Bangka Barat, Markus mengatakan, Pemerintah Bangka Barat sangat mendukung kegiatan Sembahyang Bulan yang sudah menjadi agenda tahunan masyarakat Tionghoa di Kota Muntok.

"Kami selaku Pemkab Babar sangat mendukung untuk melakukan kegiatan ini dan siap untuk mensukseskan pameran potret Boen Toe ini," jelas Markus.

Ketua Panitia Festival Pameran Boen Toe, Suwito mengatakan pameran Boen Toe ini akan berlangsung selama 1 minggu dari tanggal 24 - 30 September 2018. Dirinya menjelaskan bahwa ide dari pameran ini berasal dari keprihatinan anak - anak Bangka yang tergabung dalam komunitas HETIKA akan peninggalan barang - barang kuno etnis Tionghoa pada masa lampau.

"Banyak masyarakat Muntok yang kurang memahami akan nilai - nilai sejarah etnis Tionghoa yang ada di Kota Muntok seperti kuburan dan bangunan - bangunan lama. Dengan acara ini kita harapkan agar mereka bisa tahu bahwa inilah sejarah tempo dulu etnis Tionghoa yang ada di kota Muntok. Karena sesuatu yang bernilai harus kita jaga," pungkasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com