• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Soal Sawit, Aksan Nilai Butuh Orang Tulus dan Pahlawan

Senin, 24 September 2018 | 10:24 WIB
Ketua Komisi II DPRD Babel Aksan Visyawan. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Ketua Komisi II DPRD Babel Aksan Visyawan menilai, harus ada orang yang tulus dan pahlawan untuk mengatasi permasalahan harga sawit. Menurut dia, pemerintah harus memiliki data terkait ini semua. "Data penting agar bisa memperhatikan para petani. Petani diberi penyuluhan, perhatian. Desa-desa bisa didata, kirim kemana sawitnya," kata Aksan, Senin (24/9/2018). Dia menyampaikan, hal ini harus dicari solusinya sehingga kesalahan tidak dilimpahkan ke orang lain.

Anggota Komisi II DPRD Babel Dolar.,SE menambahkan, Komisi II khususnya konsen terkait permasalahan hal ini. Dia berharap nantinya, para petani swadaya ini bisa sama dengan petani plasma. "Petani swadaya harus sama dengan petani plasma," kata Dolar. Sekadar diketahui menurut informasi, harga sawit masih berkutat Rp600 untuk di Pulau Bangka tetapi di Pulau Belitung mengedepankan kesepakatan harga Provinsi Rp1.400. Karena, ada Pergub Tandan Buah Segar (TBS) yang merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah dengan pabrik sawit.

Sebelumnya, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya tidak ingin dalam memutuskan masalah terjadi masalah yang baru. Untuk itu, tanggal 26 nanti akan diskusi dengan beberapa ahli guna meminta masukan. "Biar ini keputusan bersama, biar ada win-win solution. Masyarakat enjoy, pengusaha menikmati," tutupnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com