• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penderita Diabetes Amankah Berpuasa?

Senin, 24 September 2018 | 20:55 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Bagi umat Muslim, menjalankan puasa merupakan ibadah yang dianggap dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan dan merupakan kewajiban, khususnya saat bulan ramadhan. Namun demikian, berpuasa juga kerap dilakukan oleh umat Islam tidak hanya saat ramadhan yang memang diwajibkan, namun juga puasa sunah.

Klik juga : Tahun Politik, Masyarakat Tak Banyak Beli Beras

Akan tetapi, bagaimana bagi penderita diabetes? Haruskah tetap mejalankan puasa di saat kondisi gula darah yang fluktuatif alias naik turun. Jika iya, adakah tips dan kiat tertentu agar puasa tetap lancar dan sehat bagi penderita diabetes.

Dari sisi medis, penderita diabetes sebenarnya tetap diperbolehkan untuk berpuasa. Pengidap diabetes yang boleh berpuasa adalah pengidap diabetes yang masih dapat mengontrol kadar gula darah dengan perencanaan makan, olahraga dan obat-obatan.

Namun bagi pengidap diabetes yang membutuhkan suntikan insulin dan penderita yang sudah memiliki komplikasi berat seperti gagal ginjal maupun gagal jantung tidak diperbolehkan berpuasa.

Berikut ini beberapa tips sehat bagi penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa ramadhan :

Cara minum obat

Saat sedang puasa, waktu mengkonsumsi obat tentu akan berubah. Yang awalnya disiang atau dipagi hari, dirubah jadi saat sahur dan berbuka. Untuk memastikannya, sebaiknya anda konsultasikan hal ini dengan dokter.

Jadwal dan porsi makan

Sesuaikanlah jadwal dan jumlah makanan saat sahur dan berbuka puasa. Makan tidak terlalu banyak saat berbuka boleh konsumsi teh manis dengan kurma, setelah sholat maghrib baru makan menu utama yang terdiri dari karbohidrat dan protein.

Kontrol gula darah

Jika kadar gula darah terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, sebaiknya tidak berpuasa. Seorang pengidap kencing manis yang ingin berpuasa sebaiknya memiliki kadar gula darah terkontrol dibawah normal selama tiga bulan. Pemantauan kadar gula darah juga bisa menghindari pasien dari ancaman hipoglikemia.

Dengan mengikuti tips di atas semoga Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : blog dokter