• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babel Minta Masalah Sawit Dipetakan

Senin, 24 September 2018 | 10:07 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya meminta permasalahan sawit untuk segera dipetakan. Menurut dia, harus ada keseimbangan berapa harga sawit dari pengusaha, berapa sawit dari rakyat. "Permasalahan harga sawit di Bangka terjadi itu karena kekurangan pabrik sawit alias CPO. Misalnya di Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan itu ada pengusaha CPO yang mau bangun pabrik cuma terkendala masalah lahan milik PT Timah, Tbk sekitar 20 hektare," kata Didit, Senin (24/9/2018).

Sekadar diketahui menurut informasi, harga sawit masih berkutat Rp600 untuk di Pulau Bangka tetapi di Pulau Belitung mengedepankan kesepakatan harga Provinsi Rp1.400. Karena, ada Pergub Tandan Buah Segar (TBS) yang merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah dengan pabrik sawit.

Sementara, Erwin Krisnawinata, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Babel menjelaskan, petani harus membentuk koperasi atau kemitraan yang berada dalam satu wadah. Sehingga rantai dalam penjualan sawit tidak panjang. Melainkan langsung berhubungan dengan pabrik. "Nah pemerintah harus akan memfasilitasi ini semua agar langsung berhubugan dengan pabrik," kata di.

Erwin sendiri mengaku bingung lantaran, dari data statistik yang ada kapasitas pabrik yang ada saat ini cukup besar. Yakni mencapai 400 ribu ton per bulan. "Angka total produksi kita sangat jauh dengan kapasitas ini, makanya saya juga bingung," jelasnya.

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com