• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babel : Bangun Pabrik Sawit, Pemerintah Tak Akan Sanggup

Senin, 24 September 2018 | 10:55 WIB
Ketua DPRD Babel Didit Srigusajaya. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Bangka Belitung (Babel) menilai, pemerintah tidak akan sanggup dalam membangun pabrik sawit. Pasalnya, untuk membangun satu pabrik dibutuhkan dana yang sangat banyak. "Butuhnya Rp150 miliar, saya rasa pemerintah tidak akan sanggup. Ini saja pak gub mau pinjam uang, gimana mau bangun pabrik," kata Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Senin (24/9/2018).

Didit mengaku, pada tanggal 26 September mendatang, pihaknya akan kembali melakukan rapat guna mencari solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan harga sawit ini. "Kita akan berdiskusi dengan ahli, pemerintah dan lainnya untuk mengatasi permasalahan ini," jelasnya.

Sementara, Direktur Operasional BUMD Babel Aswandi menjelaskan, jika harus dibangun pabrik kelapa sawit yang baru maka haruslah mayoritas dari pemerintah. Sehingga bisa mengendalikan harga yang ada. "Kembali ke pemerintah, agar bisa kendalikan harga. Pemerintah, koperasi petani, asosiasi ini semua bersama. Baru bisa dilakukan," ingatnya. Jika masih dikembalikan ke swasta kata Aswandi, persoalan tidak bisa diselesaikan.

Diketahui, para petani sawit di Bangka sampai saat ini mengeluhkan harga sawit yang masih murah. Selain itu, harga di Bangka dan Belitung mengalami perbedaan yang sangat jauh. Di Bangka harga berkisar Rp 600, sedangkan di Belitung sesuai dengan kesepakatan yakni Rp 1.400.  

 

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com