• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


8 Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Camping

Minggu, 23 September 2018 | 10:32 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Mendaki gunung sekaligus camping di beberapa pos yang tersedia saat mendaki memang sangat menyenangkan. Apalagi ditambah jika Anda mengabadikan momen tersebut untuk segera diunggah ke akun media sosial Anda.

Mendaki dan camping memang memberikan pengalaman dan cerita baru bagi Anda, namun ada beberapa hal yang mungkin dapat membuat Anda sedikit stres di awal sebelum mendaki, yakni mempersiapkan segala hal untuk dibawa saat camping. Dalam posisi seperti ini Anda diharuskan berpikir mengenai kebutuhan yang wajib Anda bawa.

Pastinya Anda tidak ingin bila barang yang Anda butuhkan tidak terbawa, bukan? Bila Anda tengah kebingungan dalam memilih barang apa saja yang wajib Anda bawa selama camping, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Dengan membaca artikel ini, Anda akan diberikan 8 hal yang wajib Anda bawa saat camping bahkan jangan sampai Anda lupakan begitu saja.

Berikut 8 hal yang tidak boleh Anda lupakan saat ingin camping:

Tenda, Frame dan Pasak

Bayangkan Anda sudah di dalam bus Cititrans Travel namun Anda baru ingat kalau tenda Anda tertinggal di rumah. Pasti camping Anda menjadi tidak menyenangkan, bukan? Tenda merupakan hal yang paling penting jika Anda sudah memiliki rencana untuk camping. Ada berbagai jenis tenda seperti dome, pramuka, hingga flysheet yang kini sedang menjadi perbincangan hangat di antara para pendaki.

Selain tenda, Anda juga harus membawa pasak dan juga frame sebagai pelengkap agar camping Anda jauh lebih nyaman.

Kompor Gas Portable

Tentu Anda tidak ingin kelaparan saat sedang camping, bukan? Maka dari itu sangat disarankan agar Anda menyiapkan kompor gas portable. Saat ini sudah banyak sekali kompor gas portble yang dijual di pasaran yang khusus untuk camping, jadi bentukya sangat compact dan sedikit lebih mungil namun kuat.

Selain mudah dibawa kemana-mana, harga kompor gas ini sangat terjangkau dan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Perlengkapan Memasak Jangan berpikiran setelah Anda membawa kompor portable, Anda juga harus membawa wajan atau panci, karena hal itu sangat merepotkan Anda sendiri.

Saat ini sudah banyak yang menawarkan barang perlengkapan memasak outdoor yang compact dan yang pasti akan muat untuk masuk ke dalam carrier Anda. Harga yang ditawarkan pun berkisar Rp 100 ribu-an saja.

Korek Api

Walaupun memilii ukuran yang kecil, korek api akan sangat membantu dalam perjalanan camping Anda. Jadi pastikan bahwa korek api masuk ke dalam daftar barang yang wajib Anda bawa, ya. Korek api tersebut dapat menjadi alat untuk jaga-jaga ketika pemantik api yang Anda tidak berfungsi.

Selain itu, bagi Anda yang ingin membuat api unggun guna menghangatkan diri, korek api yang Anda bawa akan sangat berguna untuk itu.

Sleeping Bag

Sleeping bag atau yang kerap dikenal dengan nama kantong tidur ini merupakan salah satu hal yang wajib Anda bawa saat melakukan pendakian. Sleeping bag ini dapat membuat tidur Anda selama di tenda akan semakin nyaman dan hangat.

Saat ini sudah banyak sleeping bag yang dijual di pasaran dengan ukuran yang beragam serta corak yang dapat dipilih sesuai selera.

Senter

Camping sangat melekat dengan kesan bermain di alam bebas bahkan menyusuri hutan gelap saat menjelang malam. Tentu Anda tidak ingin merasa kegelapan saat sedang camping, bukan? Maka dari itu senter merupakan hal yang sangat wajib Anda bawa saat melakukan pendakian.

Senter juga dapat berguna ketika Anda tengah mencari jalan namun kesulitan karena kekurangan cahaya.

Trash Bag

Setiap Anda melakukan pendakian pasti Anda melihat sebuah papan peringatan yang beruliskan “Jangan Meninggalkan Apapun, Kecuali Jejak Anda”. Itu mengartikan bahwa Anda tidak boleh meninggalkan barang dan juga sampah ketika sedang camping. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda membawa kantong plastik atau trash bag agar sampah yang Anda hasilkan di atas tetap dibawa kembali ke bawah dengan menggunakan trash bag ini.

Survival Kit

Jangan pernah menyepelekan kejadian kecil, karena ketika Anda sudah menyusuri alam bebas sangat sulit untuk membayangkan apa yang terjadi. Sangat disarankan agar Anda menyiapkan survival kit atau P3K agar perjalanan Anda semakin nyaman.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com

Topik