• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya Hadiri Simulasi Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019

Kamis, 20 September 2018 | 11:38 WIB
Ketua DPRD Provinsi Babel Didit Srigusjaya S.H, M.H menghadiri Kegiatan Simulasi Kesiapan Polda Babel Dalam Pelaksanaan Pengamanan Pemilu Tahun 2019, Kamis (20/9/2018) pagi. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Ketua DPRD Provinsi Babel Didit Srigusjaya S.H, M.H menghadiri Kegiatan Simulasi Kesiapan Polda Babel Dalam Pelaksanaan Pengamanan Pemilu Tahun 2019, Kamis (20/9/2018) pagi, di halaman Kantor Gubernur Babel. Kehadiran Didit, bersama unsur lainnya seperti Komjen Pol Ari Dono Wakapolri dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Dalam simulasi, kerumunan massa menolak kampanye salah satu calon peserta pemilu. Namun berkat kepiawaian pihak kepolisian menjaga ketertiban, aksi massa ini reda dan kerusuhan dapat ditenangkan. Selain kepolisian, kegiatan ini juga melibatkan unsur TNI. Selain mengamankan proses kampanye, pihak kepolisian juga merancang pengamanan pada tahapan penghitungan suara. Potensi gangguan telah dipetakan, sehingga terjadi peristiwa serupa nantinya dapat diselesaikan secara tepat dan cepat. Hal ini menjadi perhatian pihak kepolisian untuk mengamankan pemilu.

Komjen Pol Ari Dono Wakapolri menjelaskan, rangkaian kesiapan menghadapi pesta demokrasi telah diawali dengan keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi sebelumnya. Dalam hal ini perlu adanya suatu soliditas antara Polri, TNI dan pemerintah daerah. Selain itu petugas dapat saling terintegrasi melaksanakan kegiatan. "Kita juga harus mampu membaca situasi, sehingga dapat mencegah terjadinya konflik. Pesan Bapak Kapolri yang paling utama yakni harus bisa menjaga agar tidak terjadi konflik," kata Wakapolri Ari Dono.

Sebelumnya, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya mengimbau seluruh masyarakat Babel untuk menjaga keamanan dan ketertiban guna menghadapi Pemilu 2019. "Kita mengimbau dalam penyelenggaraan pemilu legislatif dan pilpres, masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban," imbaunya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com