• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cari Solusi Harga Sawit, DPRD Babel Akan Undang Petani dan Pihak Terkait

Rabu, 19 September 2018 | 16:33 WIB
Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya saat menerima para petani sawit. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Sejumlah petani sawit dari beberapa kabupaten mendatangi DPRD Babel terkait anjloknya harga sawit di Pulau Bangka. Rombongan diterima oleh Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya beserta anggota DPRD M. Tanwin. Suparno selaku perwakilan petani mengeluhkan perbedaan harga sawit antara Bangka dan Belitung. Perbedaan yang signifikan ini membuat para petani sawit menjerit.

Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, menegaskan dengan kehadiran para petani yang menyampaikan keluh kesah mengenai harga sawit yang tidak berpihak kepada para petani, DPRD tidak tinggal diam menyelesaikan permasalahan ini. "Untuk itu, Jumat (21/9) kami akan mengundang perwakilan petani sawit serta tim percepatan penanggulangan harga komoditi rakyat, dinas terkait, dan Pengusaha CPO," jelasnya.

Ia menyampaikan DPRD sudah berkali-kali meminta agar harga sawit dipetakan. Berapa harga jumlah sawit dari pengusaha dan berapa jumlah sawit untuk rakyat. Intinya harus ada balance (keseimbangan). Dan ternyata permasalahan harga sawit di Bangka terjadi, itu karena kekurangan pabrik sawit alias CPO. Misalnya kata Didit seperti di Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan itu ada pengusaha CPO yang mau bangun pabrik cuma terkendala masalah lahan milik PT Timah, Tbk sekitar 20 hektare.

 

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com