• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sulit Cari Kerja, Warga Koba Banting Setir Jadi Pedagang

Selasa, 18 September 2018 | 00:13 WIB
Indra, pedagang es tebu asal Koba, Bangka Tengah. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Menurunnya perekonomian di Bangka Tengah (Bateng) berdampak pada sulitnya warga mencari pekerjaan karena minimnya lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan swasta. 

Hal tersebut diakui oleh Indra, warga desa Lubuk yang memutuskan berdagang kecil-kecilan di Koba. Ia mengungkapkan, pilihannya sebagai pedagang es pun akibat dari sulitnya mencari pekerjaan yang laik.

"Dulu zaman Kobatin buka masih enak cari kerja, sekarang sangat susah bahkan untuk jadi tukang sapu atau cleaning service pun tidak ada lowongan lagi, jelasnya kepada Klikbabel.com, Senin (17/9/2018).

Indra menambahkan, ia kemarin sempat bertani lada cuma gagal, lalu dia putuskan untuk bertani tebu dan mencoba berdagang es tebu dari hasil bertani untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

"Saya sempet diledekin temen saat bertani tebu, namun karena mikir ketiga anak saya, istri, dan rumah yang masih ngontrak, dan gak bisa ngarepin pemerintah nyediain lowongan kerja, mau sampe kapan. Yah mau gak mau saya harus putar otak untuk memenuhi kebutuhan keluarga," jelasnya. 



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com