• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


HUT Kota Pangkalpinang, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Senin, 17 September 2018 | 19:25 WIB
Peringatan HUT Pangkalpinang 261. Foto : Adit/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Memperingati HUT Kota Pangkalpinang yang ke 261 tahun, DPRD Kota Pangkalpinang menggelar rapat paripurna istimewa, yang digelar di ruang rapat paripurna, Senin (17/9/2018).

Plt Walikota Pangkalpinang, M Sopian mengatakan, saat ini Kota Pangkalpinang telah mengalami perkembangan pesat, bahkan perkembangannya telah meluas ke luar wilayah administratif Pangkalpinang.

"Sesuai dengan visi Kota Pangkalpinang yaitu "Kota investasi dan berwawasan lingkungan", dengan misi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan tata ruang wilayah dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik," ujarnya.

Lanjutnya, untuk mewujudkan Kota Pangkalpinang yang lebih maju, Pemkot Pangkalpinang telah melakukan revisi terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Pangkalpinang tahun 2013-2018.

"Pelaksanaan RPJM saat ini memasuki tahun terakhir pelaksanaan, prioritas pembangunan saat ini dititikberatkan pada empat belas prioritas program pembangunan yang harus diselesaikan," sebutnya.

Empat belas program tersebut katanya, pemerataan kualitas pendidikan, pendidikan vokasional dan akademi komunitas, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan pemberdayaan perempuan, pengurangan kemiskinan dan penyandang masalah sosial, pemantapan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Ditambah lagi, pengembangan industri unggulan, pengembangan perekonomian koperasi dan UKM berbasis pariwisata, peningkatan iklim investasi, pengembangan industri, pariwisata dan budaya, pembangunan berbasis satu miliar satu kelurahan hingga peningkatan kualitas hidup pelayanan publik, perwujudan Good Government dan Clean Government," bebernya.

Dalam tahun terakhir pelaksanaan RPJMD ungkapnya, Kota Pangkalpinang telah mencapai beberapa keberhasilan yang diukur berdasarkan indikator kinerja dari masing-masing misi yang ditetapkan. "Keberhasilan yang telah diraih ini merupakan wujud kerjasama bersama pemerintah daerah dan DPRD Kota Pangkalpinang serta seluruh komponen dan elemen masyarakat. Keberhasilan pembangunan merupakan upaya dasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Selanjutnya, laju pertumbuhan ekonomi daerah dapat diwujudkan dan diukur dengan peningkatan pendapatan per kapita masyarakat setiap tahunnya. "Capaian diukur dengan indikator dari tahun 2014-2017 menunjukkan peningkatan positif, pada tahun 2014 diperoleh angka 48,7 juta dan pada akhir 2017 meningkat menjadi 52,17 juta. Sementara target akhir dari PDRB tahun 2018 sebesar 60 juta," sebutnya.

"Tahun ini juga Pemkot Pangkalpinang berhasil untuk pertama kalinya meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pada tahun 2017. Terakhir mari kita mewujudkan kemajuan masa depan Pangkalpinang yang gemilang yang terwujud kehidupan masyarakat yang makin maju mandiri sejahtera dan berkeadilan," tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Aditya
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com