• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Belitung Timur Akan Gelar Batik Belitung Timur Fashion Show

Senin, 17 September 2018 | 12:31 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Manggar - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur akan menggelar Batik Belitung Timur Fashion Show (BBTFS). Kegiatan yang dipusatkan di Rumah Dermaga Kirana (Rumah Keong) Desa Lenggang Kecamatan Gantung ini akan digelar selama dua hari, yakni 9 Oktober untuk Lomba Fashion dan 11 Oktober 2018 untuk Malam Peragaan Busana.

Klik Juga : Saya Pamit Sebagai Bupati

Para peserta lomba bebas mengkreasikan busana yang akan dikenakannya, namun wajib memakai batik khas Kabupaten Beltim seperti produk dari ‘De Simpor’, ‘Mangrove’, atau pun ‘Rembuding’. Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Amrullah mengatakan selain menjadi agenda wisata rutin, even juga bertujuan untuk mempromosikan ekonomi kreatif khususnya pengerajin batik khas Kabupaten Beltim.“Kita ingin menaikkan nilai jual produk batik yang kita miliki, sehingga merek dagang mereka dapat kian dikenal oleh masyarakat luas,” kata Amrullah.

Amrullah mengungkapkan lomba BBTFS akan dibagi ke dalam tiga kategori, Umum Putra-Putri, Pelajar  Putra-Putri dan Anak-Anak Putra-Putri dengan engan total pemenang lomba sebanyak 18 orang. “Penilaian lomba dilihat dari desain batik yang ditampilkan dan penampilan di atas catwalk.  Memang satu sisi kita ingin mengangkat ekonomi kreatif batik kita namun dalam lomba tetap banyak kriteria yang jadi penilaian,” ujar Amrullah.

Tidak hanya BBTFS, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur juga akan menggelar Belitung Timur Fashion Carnaval (BTFC). Even yang dulu dikenal sebagai Festival Pelangi Warna Warni ini akan digelar pada Rabu, 10 Oktober 2018. “Kalau Fashion Carnaval akan dilaksanakan di Manggar. Even ini juga sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Manggar ke 147,” ujar Amrullah.

Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Peranciscus Aprianto berharap banyak peserta yang akan mengikuti lomba BTFC dan BBTFS. Panitia sudah menyiapkan total hadiah tujuh puluh tiga juta rupiah. “Kita tidak menargetkan jumlahnya kalau bisa sebanyak-banyaknya. Semakin banyak semakin bagus, jadi kian semarak,” kata Peran. Selaku Ketua Panitia, Peran sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan seluruh kecamatan di Kabupaten Belitung Timur. Bahkan juga turut mempromosikan dan mengundang peserta dari Kabupaten Belitung serta Kabupaten/Kota lain di Pulau Bangka.

 

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com/rilis