Klikbabel.com


Simpan Telur di Rak Kulkas Ternyata Salah

Sabtu, 15 September 2018 | 08:21 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Menyimpan telur bisa jadi hal yang Anda sepelekan selama ini. Meskipun telur adalah bahan makanan yang cenderung tahan lama, tapi cara penyimpanannya tidak boleh sembarang.

Ayo mengaku, siapa yang masih menyimpan telur di rak pintu kulkas? Pasti masih banyak, tidak salah, tapi metode penyimpanan telur seperti itu kurang tepat, karena telur lebih cepat membusuk. Lantas bagaimana cara yang lebih tepat menyimpan telur dalam kulkas?

Seperti yang lansir dari laman Incredible Egg, Sabtu (15/9/2018), telur sebaiknya tidak disimpan di rak pintu kulkas. Namun, lebih tepat jika tetap ditaruh dalam wadahnya pada bagian kulkas paling dalam, dan jauhkan dari makanan yang berbau menyengat.

Alasannya, suhu yang ada pada bagian dalam kulkas jauh lebih konstan daripada bagian yang luar. Selain itu, karton wadah telur memiliki peran menyerap bau dan rasa dari makanan lain, serta membantunya tetap lembap. Suhu yang diperlukan untuk menyimpan telur pun tidak sembarang, sekira 40 derajat fahrenheit atau setara 4,4 derajat celcius.

Akan tetapi, jika telur yang hendak disimpan terlanjur sudah dipecahkan, cara penyimpanannya pun cukup berbeda. Anda perlu menaruhnya dalam wadah tertutup, kemudian dinginkan dalam kulkas. Dalam perhitungannya, telur memiliki kemampuan dan durasi yang berbeda dalam bertahan di dalam lemari es.

Telur mentah dalam cangkang biasanya bertahan dari empat hingga lima pekan. Sementara itu, telur mentah yang telah dikeluarkan dari cangkangnya hanya bertahan dua hari saja. Putih telur mentah mampu bertahan hingga empat hari, kuning telur dua hari, dan telur rebus yang masih berada dalam cangkang bisa bertahan sampai satu minggu.

Namun, bila telur rebus sudah dikeluarkan dari cangkangnya lebih baik dikonsumsi pada hari yang sama untuk kualitas terbaik.    



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com