Klikbabel.com


Penjual Roti Bandung Pusing Akibat Dolar, Apa Hubungannya?

Jumat, 14 September 2018 | 19:58 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Sungailiat - Rudi, salah satu penjual roti bandung di kawasan Sungailiat, Kabupaten Bangka mengaku pusing. Pasalnya, beberapa bahan baku mengalami kenaikan.

Ia mencontohkan, keju yang biasanya hanya Rp80 ribuan per kilo. Kini sudah Rp90 ribu. "Akibat dolar menguat jadi keju mengalami kenaikan," kata Rudi, Jumat (14/9/2018) malam.

Tak hanya Keju, cokelat dan mentega juga mengalami kenaikan. Bahkan mentega kini sudah Rp22 ribu per kilogram. "Kalau sudah gini kita yang pusing bang," tambahnya. Rudi menjelaskan, tidak akan menaikkan harga jual untuk roti bandung saat ini. Sebab, ia takut para pelanggan akan protes bahkan kabur.

"Kalau mengurangi ukuran atau isinya gak mungkin juga. Naikkan harga apalagi," ucapnya. Ia mengaku, resiko terbesar dari naiknya beberapa bahan baku akan berakibat pada pendapatan bersih ia dalam sehari.

Menurut Rudi, biasanya dalam sehari akan mendapat pendapatan bersih sebesar Rp200 ribu. "Kurang lebih segitu. Paling karena modal nambah jadi pendapatan kita agak berkurang," tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com