Klikbabel.com


Babel Miliki Potensi Pelabuhan Internasional

Jumat, 14 September 2018 | 12:49 WIB
Gubernur Babel Erzaldi Rosman. Foto : Klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalanbaru - Provinsi Bangka Belitung memiliki potensi sebagai pelabuhan internasional yang dapat menampung semua jenis kapal berkapasitas 2.500 GT. Kepastian ini disampaikan Gubernur Babel Erzaldi Rosman dalam Pembukaan 1st International Conference on Maritime and Archipelago (ICoMA), International Conference of Vocational Studies on Applied Reseach (ICoVAR), International Conference of Vocational Studies on Social Science yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Aston, Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah.

Klik Juga : Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat

Karena potensi tersebut, gubernur berharap, ke depan akan dibangun sebuah pelabuhan berskala internasional yang dapat menampung kapal - kapal besar sehingga akan menggerakkan perekonomian di Babel melalui perencanaan yang matang. “Sebenarnya kita memiliki laut dalam yang indah, yang pasti bisa menampung kapal yang lebih besar. Tetapi itu hanya bisa terjadi jika kita memiliki pelabuhan berstandar internasional. Ini adalah mimpi saya, tapi bukan hanya saya saja, namun merupakan mimpi masyarakat Indonesia,“ ungkap Erzaldi.

Selain itu, ditambahkan gubernur, Bangka Belitung memiliki 450 pulau, dimana 50 pulau diantaranya telah didiami penduduk, serta terdapat 400 pulau lagi yang belum didiami penduduk. “Ada 400 pulau yang belum tersentuh, sehingga dapat dibayangkan bagaimana keindahan pulau tersebut,” tegasnya. Saat ini, dikatakan kembali oleh Erzaldi, Bangka Belitung menjadi jalur pelayaran internasional yang stategis dan efisien, sehingga dengan fasilitas pelabuhan yang ada diharapkan dapat memberikan dampak yang sangat baik dalam pembangunan perekonomian di Bangka Belitung.

“Bangka Belitung memiliki 7 buah pelabuhan, dimana 2 di Pulau Belitung dan 5 ada di Pulau Bangka. Dan laut Bangka Belitung yang sangat kaya dengan kekayaannya dapat dibandingkan dengan Pulau lain di Sumatera,” jelasnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com