• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Menteri Rini Targetkan Perempuan Berdaya di Perusahaan

Kamis, 13 September 2018 | 14:13 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno di Jawa Tengah. [Dok Kementerian BUMN]

Klikbabel.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberikan sambutan di hadapan peserta sidang umum ke-35 International Council Women (ICW) serta temu nasional seribu organisasi perempuan Indonesia di Yogyakarta. Acara berlangsung di Hotel Grand Inna Malioboro, Kamis (13/9/2018).

Sekitar 150 orang delegasi dari 18 negara anggota ICW, organisasi perempuan dunia di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Mereka datang dari Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, Belgia, Fiji, Filipina, Finlandia, India, Indonesia, Korea Selatan, Lebanon, Malta, Papua Nugini, Prancis, Selandia Baru, Singapura, Swiss, dan Turki serta Taiwan

Klik Juga : 10 Provinsi dengan Kenaikan Harga Properti Tertinggi di RI

Dalam sambutannya Menteri Rini mengaku bangga dengan seribu organisasi perempuan di Indonesia.

"Saya semula sangsi apakah benar ada seribu, ini seribu perempuan atau seribu organisasi perempuan, ternyata saya dapat konfirmasi, ada seribu organisasi perempuan di Indonesia, saya bangga," katanya disambut tepuk tangan hadirin. 

Rini juga mengungkapkan, telah membantu para ibu-ibu untuk bisa membuat usaha secara mandiri dengan menggelontorkan pinjaman uang sekitar Rp 2-5 juta untuk ibu-ibu yang punya keinginan membangun usaha.

"Saya katakan membuat program pembiayaan MEKAR antara pinjaman RP 2-5 juta untuk ibu yang ingin melakukan sesuatu kita berikan pendadana agar bisa berusaha,” kata dia.

Ia menyatakan dari program tersebut telah membantu sekitar 3,2 juta ibu-ibu di seluruh Indonesia.

"Itu kita sudah bisa membiayakan 3,2 juta ibu se-Indonesia," ujarnya.

Rini akan memberikan ruang kepada kaum perempuan untuk dapat menjadi penopang kerja-kerja di BUMN. Dia tidak ingin hanya kaum laki-laki saja yang menempati jabatan penting.

klik juga : Aturan Baru Taksi Online Rampung Bulan Depan

"Kami di BUMN menargetkan talent perempuan agar bisa kita dorong. Sehingga di perusahaan ada representasi yang perempuan. Kalau direksi berapa minimal ada satu perempuan," kata Rini.

Rangkaian acara dimulai dengan Pertemuan Dewan Direktur ICW pada 11-12 September 2018, Pembukaan Sidang Umum ke-35 ICW pada 13 September 2018, Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia pada 13-14 September 2018.

Upacara pembukaan akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada 14 September 2018, pelaksanaan sidang-sidang dalam Sidang Umum ke-35 pada 14-18 September 2018, berkunjung ke Balai Ekonomi Desa pada 18-19 September 2018 di sekitar kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dan Pertemuan Dewan Direktur Baru ICW pada 20 September 2018.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.com