Klikbabel.com


BKD Bangka Tindak Tegas Oknum PNS Tersangka Penggelapan Dana KIP

Kamis, 13 September 2018 | 15:35 WIB
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Bangka, Surtam A Amin (Ramandha/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Sungailiat - Tersangkutnya salah satu oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Bangka berinisial RT, prihal dana kompensasi Kapal Isap (KIP) yang telah ditetapkan sebagai tersangka beberapa waktu lalu, membuat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bangka, Surtam A Amin sontak terkejut mendengar kabar tersebut.

Surtam mengaku, kabar tersebut pun baru diketahuinya dari pemberitaan media. Ia sangat menyayangkan hal tersebut dapat terjadi, karena status RT sendiri masih terdaftar sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka. ''Itu saya baru tau juga dari media pas saya baca. Ternyata ada oknum PNS kita yang jadi tersangka penggelapan dana itu,'' jelasnya, Kamis (13/9/2018).

Penetapan tersangka RT sendiri, dikatakannya sangat mencengangkan karena membawa lari dana kompensasi untuk para nelayan sebesar Rp1 miliar. Hingga sekarang, mengenai status PNS tersangka belum dapat diproses karena sampai sekarang belum ada pemberitahuan dari dinas terkait, tempat kerja RT tersebut. ''Kalau kita belum dapat memproses. Pemberitahuan dari dinasnya juga belum ada sampai ke kita. Tapi kalau sudah ada pasti kita proses,'' ungkapnya.

Sementara itu, terkait status tersangka sebagai PNS kabupaten Bangka, Surtam menyampaikan, ancama paling serius adalah pemecatan terhadap yang bersangkutan apabila telah dikenakan hukuman. ''Kalau terbukti, jelas akan ada pemberhentian. Tapi ada prosedurnya. Tergantung masa hukuman, kalau di bawah 2 tahun, masih ada pertimbangan, kalau diatas 2 tahun langsung pemecatan,'' tutupnya. 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com