• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


300 Pemilih Ganda Pangkalpinang Dihapus

Kamis, 13 September 2018 | 18:43 WIB
Komisioner KPU Pangkalpinang Yusmayadi. Foto : Adit/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Sebanyak 300 data pemilih ganda yang ada di Pangkalpinang, langsung dilakukan penghapusan.

Hal ini dilakukan KPU Kota Pangkalpinang bersama Bawaslu Kota Pangkalpinang, Partai Politik di Kota Pangkalpinang, PPK se Kota Pangkalpinang dan Panwascam se Kota Pangkalpinang.

Yusmayadi, Divisi perencanaan dan data KPU Kota Pangkalpinang mengatakan, setelah mendapatkan kepastian data ganda ini, pihaknya langsung meneruskan ke PPK dan PPS untuk dilakukan verifikasi faktual terlebih dahulu.

"Setelah mendapatkan hasil verifikasi faktual tersebut, langsung kami bahas bersama kami lakukan pencermatan. Adapun penghapusan yang kami dapatkan alasannya adalah tidak berada lagi di Kota Pangkalpinang makanya langsung kami hapus," bebernya.

Lanjutnya, untuk pemilih ganda yang ditemukan di kecamatan, pihaknya langsung melakukan pengecekan terhadap data ganda tersebut, apa penyebabnya dan juga langsung kami lakukan penghapusan.

"Misalnya seperti kemarin ada data ganda yang kami temukan di dua kecamatan, yang dulunya orang tersebut tinggal di Kecamatan Gerunggang akan tetapi sudah pindah ke Kecamatan Rangkui, jadi yang kami hapus datanya di salah satu kecamatan tersebut. Jadi pemilih tersebut masih bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tahun depan," sebutnya.

"Jadi dari 630 pemilih ganda kami telah melakukan penghapusan sebanyak 300, dengan alasan tidak lagi berada di Kota Pangkalpinang dan juga tidak lagi berada di kelurahan asalnya. Sehingga total pemilih tetapkan pada bulan Agustus sebanyak 130.302 berubah menjadi 130.002 pemilih tetap," ungkapnya.

loading...
loading...


Penulis  : Aditya
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com