• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tiga Hari Tertekan, Rupiah Balik Libas Dolar Australia

Rabu, 12 September 2018 | 13:42 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Siang ini, rupiah berhasil menguat di hadapan dolar Australia setelah melemah  tiga hari berturut-turut. Rilis data keyakinan konsumen di Negeri Kangguru per September disinyalir menjadi faktor yang mempengaruhinya.

Klik Juga : Wajib Pajak Akan Dipanggil dan Diperiksa

Pada Rabu (12/9/2018) pukul 12:50 WIB, AU$ 1 di pasar spot ditransaksikan Rp 10.572,82. Rupiah menguat 0,04% dibandingkan penutupan perdagangan kemarin. Survei terbaru tingkat keyakinan konsumen di Australia kurang baik. Data Melbourne Institute menunjukkan, tingkat keyakinan konsumen per September turun dan berada di posisi minus 3%. Angka ini lebih rendah dari periode sebelumnya yang sebesar -2,3%.

Turunnya keyakinan konsumen juga seiring rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) di kuartal II yang tumbuh 0,9% Quarterly-to-Quarterly (QtQ). Angka ini lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh 1,1%. Pertumbuhan PDB yang melambat, ikut berdampak kepada penilaian konsumen terhadap ekonomi Negeri Kangguru sehingga situasi tersebut menekan mata uang domestik.  Sementara itu, penguatan yang ada mendorong harga jual dolar Australia turun ke posisi Rp 10.600/AUD.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC