• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hanya di Kenanga, Tahun Baru Islam Layak Lebaran Idul Fitri

Selasa, 11 September 2018 | 07:54 WIB
Gubernur Babel Erzaldi dan Bupati Bangka Tarmizi saat menghadiri perayaan Tahun Baru Islam.

Klikbabel.com, Kenanga - Tak banyak yang merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram Hijriah seperti layaknya Lebaran Idul Fitri. Di Kelurahan Kenanga, Kabupaten Bangka, perayaan Tahun Baru Islam memang dirayakan layaknya lebaran.

Setiap rumah, menyajikan menu-menu khas lebaran. Mulai dari opor, soto sampai kepada ketupat. Bukan itu saja, ada beberapa rumah bahkan menyiapkan tenda plus kursi-kursi untuk menyambut para tamu dari berbagai daerah.

Sutris, salah satu warga Kenanga mengatakan, tradisi ini memang sudah sejak lama ada dan terus dilestarikan. "Ya hanya di Kenanga setiap tahun baru Islam kita rayakan layak lebaran," kata Sutris, Selasa (11/9/2018) pagi.

Ia juga sudah mengirimkan pesan singkat ke teman-teman untuk dapat bertamu ke rumahnya."Ya sama seperti lebaran, ada kue dan lain-lain," tambahnya. Sutris mengaku, biasanya pagi masyarakat Kenanga akan beramai-ramai ke Masjid Al Mu'minun untuk berkumpul dan mendengarkan ceramah.

Usai itu, barulah bersilaturahmi dan menunggu tamu-tamu berdatangan ke rumah. Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan mengakui jika Kenanga salah satu kelurahan di Kabupaten Bangka yang berkah karena mensyiarkan tahun baru Islam.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com