• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tarmizi : Jangan Risaukan Vaksin MR

Senin, 10 September 2018 | 18:13 WIB
Sosialisasi vaksin MR di Sepintu Sedulang. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Bupati Bangka Tarmizi Saat meminta masyarakat untuk tidak merisaukan pemberiaan vaksin Measles Rubella (MR).

Dalam acara sosialisasi mengenai vaksi MR di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, Senin (10/9/2018), Tarmizi Saat menjelaskan, sesuai tugas pokok pembangunan dan pemerintahan, mewajibkan masyarakat untuk mengikuti pemberian Vaksin MR kepada anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun di Sekolah-sekolah, Puskesmas maupun Posyandu.

"Kita mewajibkan hasil arahan MUI, para ahli agama dan ahli kesehatan bahwa mudharatnya lebih sedikit daripada manfaatnya, vaksin ini sangat bermanfaat untuk masa depan anak,'' jelasnya.

Menurutnya, pemberian vaksin MR juga, karena memang belum ditemukan vaksin yang halal dan tentu karena dianggap darurat, vaksin MR bisa digunakan. ''Selain itu, karena ini menyangkut urusan umat sangat banyak, kebutuhan negara kedepan, kebutuhan generasi ke depan, maka sebagai bupati mewajibkan semua anak -anak umur 9 bulan hingga 15 tahun mengikuti imunisasi supaya kekebalan tercipta," imbaunya.

Di Negara-negara muslim, dikatakan Tarmizi, seperti Arab Saudi sudah melaksanakan Vaksin MR. Dimana sudah ada 114 negara yang menggunakan Vaksin MR dari India tersebut dan untuk di Kabupaten Bangka keberhasilan Vaksin MR di masih rendah. Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat agar semua anak bisa tervaksin karena pada akhir September 2018 sudah harus memenuhi target kekebalan massal.

"Awalnya memang saya ada kekhawatiran, pertama apakah ini bukan proyek internasional dalam rangka ada faktor-faktor bisnis. Kedua, apakah tidak berakibat kepada perilaku anak, karena vaksin yang tentu asalnya tidak halal, tapi karena ulama telah memutuskan dan melakukan pengkajian dari para ahli tentu kita yakin bahwa ini perlu,'' tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com