Klikbabel.com


Kondisi Ekonomi Babel Tidak Defisit

Senin, 10 September 2018 | 20:49 WIB
Kepala BI Babel Tantan Heroika membaca tuntutan mahasiswa saat aksi di depan kantor BI Babel, Senin (10/9/2018). Foto : Dok KAMMI Babel

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Kondisi perekonomian Bangka Belitung saat ini tidak mengalami defisit. Sehingga, tidak perlu ada kekhawatiran. Hal ini ditegaskan Kepala BI Babel Tantan Heroika dihadapan peserta aksi mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Babel di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel, Senin (10/9/2018).

Aksi ini digelar sebagai bentuk keprihatinan mahasiswa atas merosotnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). "Penyebab melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS adalah tidak seimbangnya antara ekspor dan impor. Yakni nilai transaksi impor lebih tinggi daripada ekspor. Sehingga pasokan devisa kita semakin terbatas. Sementara kebutuhan akan valas itu tinggi, ini lah sebenarnya yang menjadi pemicu," kata Tantan dihadapan peserta aksi.

Untuk Babel tegas Tantan, kondisi perekonomian tidak mengalami defisit. Hal ini bisa dilihat dari ekspor dengan impor sampai dengan Juni kemarin.

Dalam aksinya, Ketua KAMMI Babel Izhar Damiri menegaskan, nilai tukar rupiah terhadap Dollar AS yang mencapai Rp 15 ribu sudah meresahkan masyarakat. "Bayangkan 1 dolar itu sekarang Rp 15 ribu," tegas dia dalam orasinya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com

Topik