Klikbabel.com


Kenaikan Dolar Berdampak kepada Sepinya Pasar Elektronik di Koba

Jumat, 07 September 2018 | 16:08 WIB
Suasana aktivitas jual beli di toko elektronik di Koba, Bangka Tengah. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Naiknya nilai tukar Dolar terhadap Rupiah membuat aktivitas perdagangan barang elektronik di Koba, Bangka Tengah berjalan lesu. Pantauan Klikbabel.com, Kamis (7/9/2018), di salah satu toko elektronik di Koba tampak sepi pengunjung. Dari puluhan toko yang ada, hanya beberapa saja yang terlibat sedang melayani pembeli.

Klik juga : Ada 72 Formasi Penerimaan CPNS Pemprov Babel

"Penjualan lagi sepi sekarang, sebenarnya dari awal sebelum Dolar naik memang sudah sepi karena ekonomi Bateng tidak stabil. Nah, sekarang ditambah nilai tukar Dolar melejit naik, ya makin sepi sudah," ujar Jhoni, pedagang Sinar Jaya Elektronik saat ditemui di tokonya.

Jhoni mengatakan, kenaikan Dolar hingga mencapai Rp15 ribu per Dolar membuat beberapa barang mengalami kenaikan, terutama barang elektronik dari Korea dan barang-barang yang sperpart-nya impor. Kenaikan bisa naik Rp100 ribu sampai Rp250 ribu. 

"Barang korea yang naik tinggi, jadi untuk sementara kami mengambil barang secukupnya sambil menghabiskan barang ada dulu. Untuk dampaknya tidak terlalu signifikan dengan kondisi sebelumnya karena dari awal memang perekonomian Bateng lagi lesu-lesunya. Tapi it u semua kembali ke masing-masing individu asal mau kerja," terangnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com