Klikbabel.com


Ingin Lolos Jadi PNS, Lewati Dulu 3 Tahapan Ini

Jumat, 07 September 2018 | 15:51 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memastikan, jumlah formasi yang akan dibuka pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sekitar 238.015 formasi. Adapun rinciannya adalah 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah. Seleksi CPNS akan dibuka pada 19 September mendatang, sehingga diharapkan masyarakat mulai mempersiapkan segala sesuatunya mulai saat ini.  

Klik Juga : 10 Syarat Pelamar CPNS Tahun 2018

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Setiawan Wangsaatamaja mengatakan, ada baiknya masyarakat mulai menyiapkan segala sesuatunya sejak dini. Sebab ada tiga tahapan yang harus dilewati untuk lulus dari CPNS. Ketiga tahapan tersebut adalah seleksi administrasi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). "Ada tiga tahapan seleksi pelamar CPNS, yakni seleksi administrasi, SKD, dan SKB," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (7/9/2018).

Sebagai tahap awal, peserta harus lolos dari seleksi administrasi. Dalam tahap awal ini, peserta diminta untuk mempersiapkan kelengkapan administrasi agar bisa lolos. "Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, pelamar harus lolos seleksi administrasi," ucapnya. Setelah lolos administrasi, maka peserta harus menjalani tahap selanjutnya yakni seleksi kompetensi dasar (SKD). Dalam proses tesnya pemerintahberhasilerhasil akan menggunakan sistem Komputer Assisted Rest (CAT).

Dalam tes SKD ini nantinya akan ada tiga subtest yang dijalani. Adalah tes intelejensi umum, karakteristik pribadi dan wawasan kebangsaan. Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018. Dari ketiga subtest tersebut semuanya memiliki passing grade yang sudah ditetapkan.

"Ada tiga subtest intelejensia umum, karakteristik pribadi, dan wawasan kebangsaan, masing-masing punya passing grade," jelasnya. Setelah itu, barulah para peserta menjalani tes seleksi kompetensi bidang. Didalamnya juga ada beberapa subtest dari mulai wawancara hingga psikotes. Setelah itu, para peserta akan di peringkat sesuai dengan nilainya. Jika lolos dari passing grade, maka peserta tersebut selangkah lagi menjadi PNS.

Klik Juga : 72 Formasi CPNS di Pemprov Babel

Namun bagi mereka yang sudah lolos pasing grade, jangan senang dulu. Sebab, meskipun semua lolos passing grade, jika kebutuhannya hanya dua orang maka peringkat dua terataslah yang akan diambil. "Apa itu seleksi kompetensi bidang? Itu juga dengan CAT tapi di bidang yang dilamar, termasuk wawancara, kalau ada psikotes tergantung kebutuhan jabatan tersebut," ucapnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com