• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babel Setujui 2 Raperda Perda Yakni Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pelestarian Kebudayaan Daerah

Kamis, 06 September 2018 | 23:30 WIB
Wakil Ketua DPRD Babel Toni Purnama menandatangani persetujuan perda disaksikan Wakil Ketua DPRD Babel Hendra Apollo dan Wagub Babel Abdul Fatah. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) secara resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel. Yaitu Raperda tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Raperda tentang Pelestarian Kebudayaan Daerah menjadi Perda.

Pengesahan kedua Raperda tersebut, dilakukan setelah mendengarkan Pandangan Akhir seluruh Fraksi yang ada di DPRD Babel, melalui Sidang Paripurna DPRD, Kamis (6/9/2018) siang. Wakil Gubernur (Wagub) Abdul Fatah menyampaikan terima kasih kepada ketua, wakil ketua, dan seluruh fraksi di DPRD Babel, yang telah menyetujui dan menerima dua Raperda usulan Pemprov Babel tersebut menjadi Perda.

“Terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota Dewan yang terhormat, yang telah menyetujui Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Raperda Pelestarian Kebudayaan Daerah menjadi Perda,” kata wagub. Menurut wagub, keberadaan dua Perda itu sangat penting sebagai payung hukum dalam melakukan langkah yang berkenaan dengan Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pelestarian Kebudayaan Daerah.

Sebelumnya, Fraksi Partai Gerindra melalui juru bicaranya Ferdiansyah menyampaikan dukungannya terhadap dua Reperda itu. Fraksi Gerindra menilai, dua Raperda itu sangat penting dalam rangka memberikan payung hukum atas Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pelestarian Kebudayaan Daerah. Hal senada disampaikan juru bicara Fraksi PPP, Eling Sutikno. Katanya, Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Raperda Pelestarian Kebudayaan Daerah keberadaannta sangat penting. “Fraksi PPP menyarankan ke Pemprov Babel  agar kebudayaan daerah tetap dijaga dengan tidak mengesampingkan nilai religius,” ungkapnya. “Pada tempat-tempat tertentu seperti Bandara, Pelabuhan harus di putar lagu-lagu khas daerah Babel, bukan lagu daerah lain atau lagu-lagu asing. Untuk itu, kami dari FPPP menerima dan menyetujui dua Raperda itu menjadi Perda,” terang Eling.

Begitu pula dengan Fraksi-fraksi lainnya, seperti Fraksi Amanat Demokrat, FPDI, Fraksi Golkar, FPKS dan Fraksi Madani, juga menyampaikan menerima dan menyetujui Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Raperda Pelestarian Kebudayaan Daerah disahkan menjadi Perda.

Sidang Paripurna yang di pimpin Wakil Ketua DPRD Babel Hendra Apolo, dan turut dihadiri Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Babel, Pejabat dari unsur Forkopimda, Sekda dan Pejabat Struktural di lingkungan Pemprov Babel, serta elemen terkait lainnya itu, diakhiri dengan penandatanganan Keputusan Bersama antara DPRD dengan Gubernur Babel, yang dalam hal ini diwakili Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah.(adv)

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com