Klikbabel.com


Harga Kedelai di Bangka Merangkak Naik, Dampak Dari Menguat Dolar

Rabu, 05 September 2018 | 13:26 WIB
Stok kedelai di Toko Ayung Sungailiat. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Harga kedelai di Kabupaten Bangka mulai naik. Hal ini berdampak dari penguatan dolar terhadap Rupiah. Diketahui, nilai Rupiah terhadap dolar AS hari ini sudah mendekati Rp15.000. Salah satu distributor kedelai di Pasari Kite Sungailiat, Bangka Ayi mengatakan, kenaikan sudah ada meski hanya Rp1.000. "Harga kedelai yakni Rp. 9000,- per kg," kata Pemilik Toko Ayung ini, Rabu (5/9/2018).

Klik Juga : Pemkab Surati 5 Perusahaan Sawit di Babar

Harga ini kata Ayi dinilai masih stabil dan sudah mulai dijual sejak beberapa waktu lalu, sebelum dolar kian merajai Rupiah seperti saat ini. ''Harga itu masih normal kita jual, dari bulan kemarin sudah segitu,'' ungkapnya. Namun dikatakan Ayi, minat masyarakat sendiri untuk membeli kedelai hingga sekarang masih tinggi, terutama para pelaku usaha tempe rumahan, maupun yang memproduksi air tahu (pusui).

Ditambahkan, dia tidak dapat berbuat banyak atas kemungkinan akan kembali terjadinya kenaikan harga kedelai yang bisa saja terjadi dalam beberapa waktu kedepan, karena ia hanya mengikuti harga pasar. ''Kalau kami tidak bisa apa-apa, kalau harga naik, kami juga jual naik. Tergantung agen yang ada di Pangkalpinang sana,'' tutupnya.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com