Klikbabel.com


Tidak Ada Impor Beras Sampai 2018

Selasa, 04 September 2018 | 14:51 WIB
Ilustrasi bongkar muat beras bulog. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan tidak akan ada impor beras hingga akhir 2018. Bahkan, impor beras dengan total impor sebanyak 2 juta ton, sampai ini belum ada.

Seperti diketahui, pemerintah sebelumnya memutuskan untuk melakukan impor beras sebesar 1 juta melalui dua tahap yakni 500 ribu ton. Namun belakangan, tiba-tiba muncul angka 2 juta ton beras yang akan diimpor oleh pemerintah lewat Perum Bulog.

"Enggak ada tuh, saya waktu masih di Tanah Suci dengar-dengar adanya itu, namun, saya datang belum ada. Terus kalau impor 2 juta ton mau dikemanakan? Mau taruh di mana. Kalau situasi mungkin perlu itu bisa saja impor. Tapi sekarang saya rasa tidak," kata Buwas di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Namun, lanjut dia, apabila itu terjadi artinya untuk mengantisipasi prediksi cuaca untuk tahun ini, yang dimungkinkan ada masa paceklik yang luar biasa (el nino). Dan segala macam untuk kecepatan mengantisipasi impor.

"Boleh saja dikeluarkan izin impor sebanyak banyaknya tapi kan tidak harus direalisasikan sejumlah itu. Kita lihat kebutuhannya, kalau kita dapat izin 2 juta ton impor beras tapi yang cukup kita realisasikan 200 ribu ya kita realisasikan 200 ribu tersebut," jelasnya.

Buwas berharap serapan masyarakat tentang beras Bulog sangat banyak. Di mana kalau beras banyak, Bulog akan bisa ambil lagi. Tapi kalau tidak untuk apa adanya penyerapan tersebut.

"Sebentar lagi kita ada panen padi, kalau panen lagi kita serap lagi," pungkasnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Okezone.com