• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


LSN Diprotes karena Berisi Pemain Luar Santri

Selasa, 04 September 2018 | 16:00 WIB
Dua kesebelasan sepakbola siap berlaga dalam kejuaraan Liga Santri Nusantara di Namang, Bangka Tengah. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Namang - Turnamen Liga Santri Nusantara (LSN) yang esensinya adalah ajang silaturahmi antar pesantren lewat media olahraga di protes oleh salah satu pelatih di Bangka Tengah (Bateng). Rahmat Hidayat, pelatih dari pesantren Nurul Falah memprotes kegiatan ini karena banyaknya berisikan pemain luar.

Ia pun menilai tindakan tersebut merampas hak santri di turnamaen yang semestinya wajib untuk para santri-santri. "Ini namanya turnamen pemain bukan santri namun mengatasnamakan pesantren, saya kemarin sempat protes saat technical meeting, mereka mengakui ada pemain luar namun di batasi 5 pemain. Namun kenyataan saat ini lebih dari 5 pemain dari luar dalam satu tim," sebutnya.


Lanjutnya, panitia mengakui dan menjelaskan jika tahun depan akan dibuatkan aturan tidak diperbolehkan menggunakan pemain luar santri. "Lah kenapa mesti nunggu tahun depan. Ini kan sudah tahun ketiga penyelenggaraan liga santri. Seharunya jadi pembelajaran. Ya kalau tahun depan masih jalan, kalau gak gimana, kapan belajar," terangnya.


Pelatih Nurul Falah itu secara gamblang mengaku curiga turnamen ini adalah proyek yang mengatasnamakan santri." Kami dari pesantren Nurul Falah tetap ikut karena pemain kami murni santri Nurul Falah desa Air Mesu," ungkapnya.

Panitia LSN, Aswan mengaku jika tidak ada aturan untuk melarang pemain dari luar santri untuk ikut liga. "Kami memang tidak punya peraturan untuk melarang pesantren menggunakan pemain manapun, itu hak pesantren masing-masing. Kami cuma kasih kuota 5 pemain luar, itu saja, masalah protes, itu hak mereka. Dari awal kita memang tidak ada aturan pemain," tutupnya. 

loading...
loading...


Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com